Oleh: rioardi | April 10, 2009

Mencegah Kanker Dengan Bawang Putih

banwangINDIA – Sebagian orang tidak suka memakan bawang putih. Alasannya, bawang putih menyebabkan mulut akan terasa sedikit pahit dan berbau tak sedap setelah selesai mengkonsumsinya.

Namun hasil penelitian terbaru berikut boleh jadi akan mengubah paradigma Anda tentang bawang putih. Pasalnya, salah satu bahan yang sering digunakan dalam masakan ini ternyata dapat membantu melawan penyakit kanker.

Menurut hasil studi, dalam bahan makanan alami tertentu yang kita konsumsi terdapat phytochemical yang melindungi organ dari penyakit kanker. Begitu juga dengan bawang putih, di dalamnya terkandung zat yang dapat mencegah dan melawan pembentukan sel kanker dalam tubuh manusia. Demikian seperti dilansir Times of India, Jumat (10/4/2009).

Lipid peroxide berperan dalam proses detrimental yang menyebabkan berbagai macam kanker termasuk juga kanker kulit. Uji coba yang dilakukan di Swiss seekor tikus Albino memperlihatkan bahwa bawang putih mampu menahan laju lipid ketika proses modifikasi oxidative.

Uji coba ini dilakukan pada seekor tikus dengan penyakit kulit ditubuhnya. Tikus tersebut kemudian diberikan perawatan terapi penyembuhan dengan bawang putih. Setelah disuntikkan senyawa sari bawang putih pada tikus tersebut, terlihat bahwa kerusakan sel kulit pada tikus berangsur sembuh.

“Dengan mengonsumsi bawang putih dapat menghambat pembentukan papilloma (sejenis penyakit kulit) pada hewan sekaligus juga dapat mengurangi ukuran dan jumlah papilloma yang terlihat pada kulit tikus yang diuji coba,’ ujar salah satu peneliti dari Chittaranjan National Cancer Institute


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: