RENUNGAN KECIL UNTUKMU…

Kemarin, anakku bertanya, Bu, “apakah hutan itu?”
Aku menerawang jauh menjelajah saat saat ku dulu, lalu aku mulai bicara kepada anakku, “Hutan adalah tempat sungai mengalir bening, tempat hewan-hewan berdiri, dan berlari”
“Tempat kumpulan tanaman dan makanan”
“Tempat dimana keteduhan dapat dicari”
“Tempat dimana dunia berkata, tolong… bersihkan aku dari polusi”
“Dimana kamu dapat bersandar dari kebisingan kota”
“Hutan adalah tempat dimana kamu dapat melihat Bapak…”

“Bapak… ?” ujar anakku.
“Seperti kita…?” tanyanya lagi.
Aku mengangguk dan berlalu ke sudut rumah baruku yang terbuat dari besi kokoh berwarna hijau…

“Bu… Tunggu dulu, aku belum puas dengan jawaban tadi”, anakku melangkah tergopoh mendatangiku.
“Lalu kapan kita bisa ke hutan bu? melihat Bapak… wajah anakku tertatap polos di depanku.
Aku tersenyum kecil, “Anakku…, hutan itu hanya khayalan Ibu saja”, aku mencoba berurai bijak.
“Sungai bening itu kini mengering, pohon-pohon saat ini berteriak minta tolong saat tercabut dari akar dan terpotong rapi, dan sekarang semua tidak ada lagi”, aku menghela napas sesaat, “dan anakku… Hutan adalah khayalan Ibu saja…”, sambungku lagi.
“Oh…, jadi hutan hanya sebuah dongeng negeri antah berantah ya bu?”, ujar anakku polos.
Aku mengangguk, lalu beringsut pindah ke sudut rumah besi hijauku yang kokoh.

“Lalu Bapak bukan khayalan kan bu…?”, tanya anakku yang kembali mengejar sambil bergelayut manja dipunggungku.
Aku menggeleng pelan, sambil melihat sesaat pada kulit suamiku yang terjemur rapi di atas kawat sang kolektor yang “baik hati” pada kami dan pada si Pongo kecil, yang kini lelap dipelukku.

“Mimpi indah nak… semoga dalam mimpi mu hutan indah itu muncul”, bisikku membelainya.

penulis:
“Mulyadi pasaribu”

Responses

  1. yahhhhh………………………
    agak kecewa sih…..

    taN kira abang yang nulis

  2. ada sebuah tulisan … mw terbit. sih tapi ntarlah….

  3. tu udah cadel ya!!!

  4. Sedih baca cerita’y. . .Jd mikir ap yg rus aq certain bwt ank2 aq ntr ya. . .

  5. hiks,,hiks,,
    mas sedih banget ,,
    tapi mas kita akan berusaha melestarikan hutan kita agar hutan kita tidak hanya khayalan saja

    HIDUP HUTAN KITA>>!!!
    FORESTER>>?>?>!!!!!!!!!!

  6. Kelestarian bagi kehidupan mendatang hanyalah tinggal teriakan mulut, kita smua sdh d butakan akan kemudahan kenikmatan dunia, hutan skrg sudah tdk ingin menghidupi manusia dg oksigeny karena manusia sendiri tdk peduli dg hutan. Salam sahabat.

  7. benerbener mengharukan…..

  8. gw sedih soalnya gak ada hutan lagi

  9. ya mdah2an hutn kta ttap terjaga……..

  10. save the forest n the livings!!!!

  11. selamatkan hutan dengan Syari’ah dan Khilafah..!

  12. izin Copas Ya,… mksh..

  13. aku kok gak udeng yaaa… 3 x baca siihh… jelasin napa mahhh

  14. save our forest,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: