Oleh: rioardi | Maret 24, 2009

Sejarah Nama-nama Hantu di Indonesia

Indonesia adalah negara nomor satu yang paling kaya akan suku & budaya, keanekaragaman suku & budaya tersebut melahirkan banyak paham, adat, dan pemahaman yang berbeda-beda, perbedaan itu pula-lah yang membuat indonesia yang juga kerap dikenal dengan nama negara dengan peringkat nomor satu dengan nama keanekaragaman jenis hantu di tiap daerahnya. berikut kisah singkat nama hantu di indonesia

Hantu Sundel Bolong

Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia digambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Digambarkan pula terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat. Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan.

Perwujudan ini sangat kuat digambarkan dalam film horor Indonesia tahuan 80-an dimana banyak diperankan oleh aktris kawakan Suzanna.

nah ini dia gambarnya

sundel-bolong-1-ok

Hantu Genderuwo

Genderuwo adalah makhluk halus yang berwujud manusia bertubuh besar dan kekar dengan rambut lebat menutupi tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa (orang Sunda menyebutnya “gandaruwo” dan orang Jawa menyebutnya “gendruwo”). Habitat hunian kegemarannya adalah pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab dan gelap. Makhluk ini dilaporkan dapat berkomunikasi dengan manusia dan juga bisa menyukai manusia. Cerita-cerita misteri menyebutkan kalau genderuwo dapat mengubah penampakan dirinya mengikuti wujud fisik seseorang. Menurut cerita pula, genderuwo hanyalah berkelamin pria dan dapat menghamili perempuan, bahkan menghasilkan keturunan dari hubungan itu.

Asal-usul genderuwo dikatakan berasal dari arwah orang meninggal yang belum mau naik ke akhirat.

Genderuwo tidak dapat dilihat oleh orang biasa tapi pada saat tertentu dia dapat menampakkan dirinya bila merasa terganggu.

nih gambarnya cuma ilustrasi duank yakk..

bekakak-genderuwo

Hantu Wewegombel

Wewe Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.

Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya. Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel.

disebut Wewe gombel karena kejadian in terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah jatingaleh ke arah banyumanik, maka akan terlihat bekas iklan bir bintang. Di situlah konon letak lokasi wewe gombel berada. Beberapa orang menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi kerajaan hantu. Menurut cerita itu pula, hal itu yang menyebabkan sebuah hotel yang terletak di dalam lokasi bukit gombel menjadi bangkrut.

ciri khas dari wewegombel atau kolong wewe ini adalah bentuk buah dadanya yang besar & menjumbai seperti buah pepaya. Kabar lain mengatakan bahwa anak-anak yang diculik oleh wewegombel akan di beri makan Tai, tokai, atau kita sebut saja dengan kotoran manusia. Jika si anak tidak mau, maka terpaksa sia anak akan suapin secara paksa. Terkadang anak-anak yang diculik akan dihalusinasi sehingga eek yang ia lihat seolah-olah adalah makanan lezat yang paling ia sukai/inginkan. tujuannya adalah membuat anak menjadi bisu agar tidak bisa menceritakan apa yang telah ia alami ataupun bentuk dari wewegombel yang menyeramkan tersebut.

nah ini dia gambarnya

1_wewegombel

Hantu Kuntilanak

Kuntilanak (bahasa Melayu: puntianak, pontianak) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama “kuntilanak” atau “pontianak” kemungkinan besar berasal dari gabungan kata “bunting” (hamil) dan “anak”.

Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Dalam folklor Melayu, sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil.

Dalam cerita seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir.

Agak berbeda dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”, misalnya waru yang tumbuh condong ke samping (populer disebut “waru doyong”).

Kepercayaan penangkalan

Berdasarkan kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa, kuntilanak tidak akan mengganggu wanita hamil bila wanita tersebut selalu membawa paku, pisau, dan gunting bila bepergian ke mana saja. Hal ini menyebabkan seringnya ditemui kebiasaan meletakkan gunting, jarum dan pisau di dekat tempat tidur bayi.

Menurut kepercayaan masyarakat Melayu, benda tajam seperti paku bisa menangkal serangan kuntilanak. Ketika kuntilanak menyerang, paku ditancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak. Sementara dalam kepercayaan masyarakat Indonesia lainnya, lokasi untuk menancapkan paku bisa bergeser ke bagian atas ubun-ubun kuntilanak.

ini dia fotonya den

2_kuntilanak

rio komentar:

ni ada tambahan ni

Suster ngesot

Ni hantu… kata nya banyak di rumah sakit-rumah sakit.. mainnya di lorong-lorong rumah sakit woi….. kenapa dibilang suster ngesot??? hem… sejarahnya…. ada seorang suster yang diperkosa sama dokternya teus susternya hamil si dokter gak mau taanggung jawab…. hem di bunuh n di masukin dalam suatu kamar……………… nah jadilah suster ngesot

RS DI JALAN SALEMBA
Konon di sinilah asal-usul Suster Ngesot. Selai itu, banyak juga kasus penampakan yang terjadi di bangunan rumah sakit yang cukup tua ini.
Testimonial: Menurut petugas Secure Parking yang tidak mau disebutkan namanya, setiap malam sekitar pukul 2 pagi, sering ada yang mengetuk pos
pintu masuk yang terletak di dekat rumah duka. Namun ketika dicek, tidak ada siapa-siapa. Di UGD sering terdengar bunyi orang main air, ketika dicek
juga tidak ada siapa-siapa. Para satpam yang berjaga malam pernah menemui sosok perempuan. Ketika melihat sosok ini, mereka seperti tersihir
dan tidak bisa berteriak atau lari hingga perempuan ini lewat.

ni lebih lanjut:
kabarnya dilorong RSUP Cipto Mangunkusumo suka banyak suster ngesot terutama dilorong & dikamar mayat!!! idih… kayak apa yah wujudnya?
Entah dari kapan kisah serem itu muncul di sekitar kamar mayat. Konon, awal cerita suster ngesot berasal dari kamar mayat rumah sakit gede ini, Meski sampe sekarang belom ada bukti kongkret mengenai penampakan Suster Ngesot ditempat tersebut.

bisik-bisik dari Pak Agustiar yang jadi sopir pembawa jenazah sampe jadi penjaga kamar mayat belom pernah menemui secara langsung tentang sosok sisuster ngesot “Kalo wujud perempuan laen sih saya pernah liat” Dia ini udah kerja di RS terbesar diJakarta ini sejak tahun 1987. Tapi Pak agus gak sekali dua kali denger suara cekikikan dari dekat kamar mayat “saya kan berjualan didepan RS. Kalau malam, saya suka ambil jalan pintas lurus yang menuju kamar mayat, emang sering sih saya denger suara cekikikan walaupun gak ada orang” iya juga sih, mana ada cewek yang iseng nongkrong dikamar mayat sambil ketawa-ketiwi.

Ada lagi kisah dari pak Anto. Gak cuma sekedar suara, saat sedang mendorong kereta mayat, pernah ada bayangan perempuan berjubah putih sekelebat muncul gak jauh dari hadapannya. Tapi yang namanya kerjaan mau diapain lagi?
Macem-macem aja deh kejadian yang dialami sama Agustar, pas lagi dorong jenasah yang kecil kok rasanya berat banget. Pernah juga mendorong jenasah yang badannya segede king kong tapi pas dibuka kerangkengnya ternyata kosong. tapi keadaan kayak sekarang udah “Agak” mendingan lantaran udah dipugar. “Dulu sebelum dipugar, kalo mau lewat aja udah bikin bulu kuduk Ngejebrik. Namanya juga kamar mayat, jadi jarang banget ada orang yang nongkrong dideket sini. Paling cuma penjaga sama keluarga yang mau jemput mayat” neng… kata pak Agus manggil saya “Bapak punya cerita yang gak bisa dilupain, tapi maap ya rada joker” katanya sambil nyengir.

“Dulu pas saya lagi kebelet buang air besar tengah malem, tiba-tiba ada orang gede banget didepan saya. Saya mah cuma bisa pasrah aja dah sambil nikmatin yang dibawah keluar, saya ogah ngelongok keatas takut orangnya serem Ntar saya gak mau kerja. Lantas saya ngedip eh.. tiba-tiba ngilang tuh orang item” Lantas kalo Suster ngesotnya gimana pak? “Ah saya mah belom pernah ketemu sama nyang begituan, kayaknya cuma cerita kosong aja dah!!”

gambarnya belum ada!!! ada yang mw postinng??

Tuyul

ini ni hantu nya kecil banget…. Tuyul adalah sejenis mahluk halus yang bisa terlihat oleh mata. berujud kecil seperti anak manusia. dia biasanya di beri tugas untuk mencari uang. dia pun bisa masuk ke dalam perangkap tuyul. untuk mencegahnya kita bisa membacakan doa-doa yang mustajab untuk mengusir dan menolak tuyul dan bala- balanya. biasanya ni hantu banyak dijualin…. katanya untuk dapatin ni hantu perlu puasa dlll lah… ni gambarnya :

tuyul1

hantu pocong

katanya ni hantu cs an sama sundel bolong… heheh.. sejarah hantu pocong di indonesia berasal dari tanah jawa… dimana ada seorang warga yang meninggal akan tetapi setelah dikubur tali pocong tu warga gak di lepasin hem setelah itu bangkitlah….(cie…. bangkit oi.. heheh) pocong dari kuburnya… dan nakuti warga….

ni gambarnya:

pociong-21

hantu2901

hantu jeruk purut

Sejarah: Pada tahun 1986, seorang penjaga makam TPU Jeruk Purut yang sedang jaga malam melihat sesosok pastur tak berkepala melintas di antara makam.
Pastur itu menenteng kepalanya sendiri dan di belakangnya, ikut seekor ******. Konon, pastur ini “salah pulang”. Ia mencari-cari makamnya yang sebenarnya
berada di unit Kristen TPU Tanah Kusir, sedangkan di TPU Jeruk Purut hanya ada unit Islam. Sapri Saputra, penjaga makam yang melihat pastur kepala buntung itu,
hingga kini masih menjaga makam dan dianggap kuncen atau orang yang dituakan di TPU Jeruk Purut. Kesaksian Bapak Sapri ini kemudian menyebar luas
se-Jakarta dan hingga kini “Sang Pastur Kepala Buntung” menjadi legenda horor di Jeruk Purut. Konon, jika Anda ingin menemui pastur legendaris ini,
Anda harus datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga).
Testimonial: Sejak kecil, Asmari (34), juniornya Bapak Sapri, telah terbiasa tinggal di areal pemakaman Jeruk Purut. Ayahnya adalah pegawai Pemda
yang bekerja di sana . Semenjak lulus SD (1986), Asmari menjadi pengurus makam non-karyawan TPU Jeruk Purut mengikuti jejak ayahnya.
Menurut Asmari, pengalaman bertemu dengan makhluk-makhluk gaib merupakan hal yang biasa baginya; mulai dari pocong, tuyul, kuntilanak, kuntilanak laki, dan
lain-lain. Akan tetapi, hingga saat ini dia belum pernah bertemu dengan Sang Pastur Kepala Buntung. “Yang paling jahil itu kuntilanak-laki,” tutur Asmari.
Ketika sedang ronda, Asmari pernah ditimpuki kerikil dari atas pohon melinjo oleh makhluk ini. Tapi, dari semua pengalaman Asmari bertemu dengan makhluk gaib,
yang paling menarik adalah ketika bertemu dengan tuyul. Pada suatu hari menjelang malam di tahun 1986, Asmari hendak pulang ke rumah bersama ayahnya.
Mereka melihat seorang anak kecil telanjang bulat berlarian di antara makam sambil tertawa-tawa. Anak itu lalu berteriak meminta uang pada Asmari.
Asmari heran karena anak itu tak dikenalnya, sementara ia mengenal semua penduduk di kampung belakang Jeruk Purut. Dulu memang hanya ada satu kampung
yang penduduknya tidak terlalu banyak. Ketika ditanya latar belakangnya, anak kecil mi malah lari ke dalam keramat, sebuah rumah makam tradisional Betawi.
Asmari mengikutinya hingga ke dalam keramat dan, bisa ditebak, anak itu menghilang.

Simanis jembatan ancol
Sejarah: Pada 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang meminta dilukis. Ketika pelukis baru menggambar
setengah bagian tubuhnya, perempuan itu menghilang. Warga percaya bahwa perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Mitos ini
sudah dimulai puluhan tahun sebelumnya. Di tahun 60-an ketika daerah Ancol masih berupa empang-empang, seorang pendayung perahu
pernah bertemu dengan Si Manis. Perempuan itu naik perahu malam-malam ddan membayar pendayung tersebut dengan daun.
Keterangan ini didapat dari Kostan Simatupang (65), seorang fotografer keliling di Ancol, teman dari pendayung perahu tadi.
Testimonial: Anshori (38), penjual rokok di dekat pintu keluar Ancol, mengaku pernah melihat Siti Ariah dari dekat.
Ia membuka pertama kali kios rokoknya di sini pada 1990, tepatnya di samping jembatan goyang. Saat itu malam Jumat,
Anshori sedang menunggui kiosnya, agak gerimis. Sekitar pukul 1 pagi, lewat seorang perempuan. Ketika sudah agak jauh,
perempuan itu berbalik arah menghampiri kios Anshori sembari tersenyum. Anshori menyapa perempuan yang dikiranya
calon pembeli dagangannya itu. Jarak Anshori dengan perempuan itu kira-kira 50 cm. Menurut Anshori, perempuan itu berwajah manis,
serta memakai kemeja kuning dan rok abu-abu. Setelah ditanya hendak belanja apa, perempuan itu menghilang.
Meski tidak memakai pakaian serba putih, Anshori yakin perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol. Semenjak kejadian itu,
Anshori merasa dagangannya kian laku dan rejekinya semakin lancar.

About these ads

Responses

  1. gud luck aja deh,0h ya tolong kunjungi blog aku yg mengulas tentang perkembangan NATIONAL KOMODO PARK DI http://virleto.wordpress.com thanks yah

  2. nah ini yang kucari2 pak….ngumpulin blog yang high konservasi….

    barusan lihat berita ada orang meninggal gara-gara digigit komodo pak

  3. pak ardi udah voting taman nasional komodo belum di http://www.new7wonder.com kalau belum cepet voting tapi kalau udh ditambah lagi.kalau saya pribadi udh memvoting sekitar 5 kali atau lebih.kalau bukan kita siapa lagi pak.

  4. pak saya mau tanya,gmna caranya supaya blog saya ada di mesin pencarian goole,kan saya ingin blog saya dibaca orang dan untuk mensosialisasikan berita perkembangan taman nasional komodo di http://www.new7wonder.com terimakasih

  5. Alhamdulillah udah 10 kali pak…

    hhehe

    sking semangat nihh

  6. Assalamualaikum

    pak leto aja biar lebih keren ya???/

    heheh

    untuk bisa menampilkan tulisan kita di google harus diisi kolom tag pada dashbord tulisan anda, misalnya anda menulis tentang komodo, dikolom tag itu harus diisi yang berhubungan dengan tulisan anda misalnya komodo, taman nasional dan lain-lain..

    alhamdulillah udah 10 kali vote untuk taman nasional komodo

    viva komodo nastional park
    selamat berjuang

  7. waalaikum salam wr.wb.
    trimakasih pak atas tips’y,tadi saya ketik nama blog saya digoogle dan ada pak.trimakasih

  8. sama-sama pak….

  9. oh ya pak saya mau tanya lagi,gmna caran’y supaya blog kita ada diposisi atas.trz wktu saya buka blog saya,kog ga ada tmpat bwat coment,trz c0ment2 bapak ga ada di blog saya adanya cuma waktu saya pengen ngepost sedngkan wktu saya buka blog saya gak ada disana tertera ‘tak ada komentar’ trz ktika saya cari judul nama postingan saya di google ga ada,klo nyari blog saya pke nama blog saya bru bisa,,maaf klo kbnykan nanya,klo gk taw gak apa2

  10. kalo di posisi atas tergantung sering nggak nya blog kita di klik ato dikunjungi pak…. trus kalo koment mau di tampilin bapak tinggal masuk ke dashbord terus buka coment atau komentar trus di setujuin ato di approve aja pak.. WP di google banyak pak… mungkin butuh waktu supaya tulisan kita nongol di google… trus ada tips ni pak banyak-banyak bikin kata-kata di tag tulisan kita pak… selamat mencoba..

  11. ah pler

  12. pak cara supaya orang mau datang ke blog saya gmna?

  13. mang bener ya semua itu ada….???

  14. mudah – mudah sih itu cuma mitos az…

    jdi takut …

  15. kalo bisa yang lebih serem lagi yach??????????????

    makacih sebelumnya ^_^

  16. aku baru bikin blog neh bagaimana ya caranya agar blok kita terkenal???

  17. kok cuma sedikit ya.
    jelasin juga dong hantu hantu indo lainnya.

  18. Ass, pak gimana caranya supaya orang datang kerumah saya bawak duit banyak? thanks

  19. Gue engga percaya banget sama hantu???

    gua entod kalau ketemu hantu ya d mn saja!!
    oke tod!!!asl berroh bisa d entod !!!!

    mana sini hantu y!!!

  20. serem….!
    tapi itulah yang dinamakan makhluk cipta’an tuhan….

    bagaimanapun juga dia adalah….
    saudara kita juga, yang tinggal di alam lain saja. :-)

  21. Blog’x kren bgt,tp ko’ dkit bgt sic prlu d’tmbah ya kleksi hntu pliharaan loe he,he,he…pa prlu GW yg nmbah tntang hntu2 Kalimantan..

  22. Loh koq komen2nya malah g nyambung sama postingannya?
    Tp g papa, salam kenal saja.

  23. mas request pocong am tuyul!
    salam kenal

  24. wah bagus pak, ajarin dong kritik dan saranya pak

  25. Wah memang negara yang kaya budaya yawh..
    Budaya hantu hihiiiiii….

  26. Hihihihihihihi…. Atut…
    Nggak cuma orang ternyata yang punya sejarah, tapi ternyata hantupun juga punya sejarah yang hrus selalu dikenang juga biar tetep bisa eksis didunia perhantuan… :mrgreen:

  27. WAW…. SEREEEEEMMM

  28. hiii… tatutt… ^^

  29. namanya juga belajar pak

  30. ntar ditambahin …… perlu… ada tambahan gak??

  31. gampang……………….. mas!! kemaren kan ponari ada batu petir …jadi kaya deh tu anak…..
    saran ni mas buat isu ada air petir aja…… terkenal deh mas…. wakakakak

  32. ada koleksi lainnya???

  33. mana alamatnya blognya mbak….. caranya sering-sering kunjungi blog lain, trus cari cerita-cerita yang unik ato tulisan yang jarang di publish orang mbak…. salam kenal

  34. tenang ntar ditamabahin

  35. hehehe… daftar hantu…!

    Daftar malaikatnya mana bro…! ditunggu

    mrg

    http://niasbarat.wordpress.com

  36. Hantu2 Indonesia kini kalah tenar dari hantu2 impor. Tapi semua hantu2 itu pun kalah bersaing dengan hantu2 kapitalis penghisap darah jutaan rakyat. Hantu2 ini gentayangan di tempat2 yang prestise dan representatif. Seorang teman bilang, para Setan, Iblis dan Hantu sungguhan banyak yang beremigrasi keluar negeri. Mereka sudah tak kerasan tinggal di Indonesia, karena pekerjaan mereka diambil oleh kebanyakan orang Indonesia. Jadi tak perlu takut terhadap hantu, mereka adalah bagian dari keseharian dan kehidupan kita.
    Salam dari tenggara pulau kalimantan, http://www.imisuryaputera.co.cc

  37. bang !!
    ditambah lah, kurang itu
    banyak lagi tuh hantu2 kita yang udah terkenal,
    dagh kayk selebriti mereka, bahkan udah ada yang maen Film segala,..

    nih yah aku tambahi,

    1. TUYUL
    hantu yang dipercaya merupakan sebuah arwah gentayangan orok (jabang bayi) yang dilahirkan dari hasil hubungan gelap orang tuanya, yang digugurkan saat msh dalam kandungan. hantu ini dikenal dipulau jawa dengan keahliannya “MENCOPET” alias mencuri uang2, biasanya hantu ini dimanfaatkan oleh orang2 yang ingin kaya dengan cara instant, yaitu melakukan pesugihan dengan memelihara dia.

    2. POCONG
    yang kabarnya hantu dari jelmaan orang mati yang udah dikafani, namun saat menguburkannya, tali pocong di kepala si mati tadi lupa dibuka, makanya dia kembali mendatngi orang2 kampung, sebenarnya bukan untuk menakut2i orang kampung, dia hanya ingin minta tolong supaya tali pocongnya di bukakan.
    *bang si POCONG kok gak ada?? padahal dia pemous nih di 2 negara, Indonesia dan Malaysia*

    dagh segitu ajalah bang !!
    itu aj yang bisa ku tambahi, soalnya aku kan bukan pengamat hantu,tapi pengamat cewek cantik,.. ekekekek….

  38. Jah takut
    Hari ini malem jumat

  39. wuich keren bgd ne blog………..! aq request buleh gag? tlong jlazin pocong dundzzzzzz! thanx b’4

  40. Kadang kita suka bilang film Hollywood lebih seru daripada film Indonesia tapi semua itu ga bener lagi… buktinya film Horror Indonesia lebih seram daripada Film Horror Hollywood…. kalau di ingat-ingat di Amerika sepertinya tidak mengenal Kuntilanak atau sundel Bolong, terutama Tuyul…. mereka cuma mengenal Zombi… iya kan? Padahal kuntilanak dan cs-nya… sangat menyeramkan…

  41. Photo yang no. 3.
    photo wewe gombel nya mana mas…

  42. biasa aj

  43. hantu….hantu…sekarang banyak hantu berkeliaran ya pak…….jadi takut neh….apalgi musim kampanye kayak sekarang ya…..salam kenal…..jangan lupa berkunjung ke blog saya juga yak….

  44. alamat blognya mana

  45. yup ntar di postingin…………… salam kenal ya

  46. Kayaknya masih banyak di daerah2 lain deh jenis dan nama-nama hantunya di Indonesia…
    Request juga dong…

  47. lho suster ngesotnya mana?

  48. Di kendari ada juga hantu perempuan dengan nama Pondiana mirip kuntilanak konon kabarnya bisa dipelihara.

  49. lam kenal ma tu yang nulis profil hantu, tapi jangan ma hantunya, bingung nyalaminnya ntar… tanks ya.

  50. http://dewandarupradipta.wordpress.com/

    wah pnggemar hantu pastinya…
    tapi udah pernah liat belum???

  51. wah, keren keren!!

  52. hantu nya keren!!

  53. Sekarang kabarnya banyak juga hantu yang berkeliaran di gedung DPR, mereka biasa menampakkan dirinya di TV, di cafe, di tempat hiburan malam, hantu ini biasanya mengambil duit rakyat yang mampu mengumpulkan hanya dengan lobi dan tanda tangan doang… :lol:

  54. setuju banget tuh……………. wah hantu di indonesia ada tambah satu lagi denh… hehehe

  55. tu dah masuk

  56. [...] sebetulnya kalian tauga sih sejarah nama-nama mereka, kenapa disebut genderuwo, pocong, dll. Mau tau coba baca artikel ini. [...]

  57. hii serem juga tuh…
    yang lain dong, dokter sumbing blm masuk tuh.. hee.hee

  58. Hwee~~~
    Tapi biar gimanapun juga, yg paling serem itu setan anak kecil perempuan. Di Indonesia nggak terkenal yah? D:

  59. kasihan nasib para hantu kita tuh, skrng banyak pemburunya, 10 thn ke depan mungkin ada komisi perlindungan hantu atau hantu hantu yang di lindungi hi hi hi hi……….hi

  60. wAdUuucH…

    sErem…

    btW sEjarah-nYa tUyul n’ pOcong kUk gaK di tUlisZ jUga cZee..???

    biAr tmbAh sErem gitCu..!!

  61. Ck….Ck….Ck….Ck….Ck….
    aneh aneh saja…
    mau yang lebih aneh? disini http://doowet.wordpress.com

  62. wah horror juga yach wkwkwkwk.
    Coba dari kecil tau sejarah hantu pasti saya jadi penakut seumur hidup wkwkwkw

  63. serem cuman dkit tambah lagi d0nk
    plis kunjungi blog saya ya di http://yaman-ceritaku.blogspot.com dan semua pembaca blog ini plis kunjungi blog say dan jangan lupa berikan komentarnya yah,dijamin infonya menarik.

  64. [...] Sejarah Nama-nama Hantu di Indonesia Indonesia adalah negara nomor satu yang paling kaya akan suku & budaya, keanekaragaman suku & budaya tersebut [...] [...]

  65. keren…

    keren,…

    ngasih referensi buat sejarah nama-nama setan eh hantu ding di Indonesia,… alisa Endonesa’…

  66. gw blg sih…..nama2 mrk itu kayak nama orang jawa!!!
    gw pny srn nih bwt ank2 spy jgn terlalu prcy ama yg namanya “hantu”!
    o.k.?!

  67. Lho…
    Kok Ambo indak masuak dalam kategori hantu di indonesia…….

    Ambo kan Palasik jenis hantu dari sumbar…..

    kanciang ang mah…!!!

  68. keren – keren…..

  69. wah, kok bisa sih dapet gambarnya? :)

    http://reatheryan.co.cc

  70. Dari mana nie dpt foto hantunya?

    http://abryan.co.cc/

  71. bagus neh, ensiklopedia hantu

  72. serem………………………..

  73. aduh jd takut,, tp jujur aja aku rada2 g percaya sama hal2 yang berbauh hantu or sejenisnya,,

  74. lumayan…..potonya bisa buat cerita sewaktu tidur..XDD. Mending liat hantu Fredy aja deh…

  75. ck..ck..ck.. hati2 lho de.. nanti dia minta pertanggung jawabannya krn menulis ttg mereka tanpa izin :mrgreen: ato d sblumnya dah wawancara?? hmm..

  76. ditunggu tu bik…. heheh

  77. hantu, hutan, tuhan, tahun….

    Hantu itu apaan sih?
    Kayaknya seru klo ngumpulin artikel tentang pembunuh2 berantai kayak Jason dkk. Di Indonesia ada kan?

  78. LEBIH SEREM HANTU “KORUPTOR” BRO… BISA BIKIN RAKYAT SENGSARA…. :)

  79. mantap kali tu7 pak usulnya….. ntar di tambahin deh

  80. gak ada yang baru lagi yaa….

  81. …..???masi zaman…

  82. ehm………..ehm……….

  83. hantu lainnya apa ada lagi oom?

  84. belum ketemu…. hehehe

  85. hantu nya seram smua tkut ada dirumah????….

  86. seram kaya kuntilanak hihihihiihihih?????

  87. hehehe………..
    kyk y bkan foto-foto hantu y tw sjarah y aja deh yg seru “n serem tp para komentator y jg seru “n unik. heheheh oy slam y bwt komentator y.
    Ups…….., sorry mksd aq bwt pr hantu y! heheheeh lain kali suruh hantu y mampir y ksni, di tunggu lho oy khusus y bwt sundel bolong klu leh tw tu kok bs blong? knp? yg bolongi spa? biar aq bolongi jg dia. sklian biar mrk jd sohip.

  88. SERAM JG YA

  89. ada hantu dirumah gimana cara ngusir tu hantu kuntianak ya suara nya hihihihihi
    hahahahahahah

  90. ada yang tahu cerita jaelangkung gk…..?klo dri yg pernh aku denger sih katanya kita bisa brkomunikasi ama dia…..?dengan media boneka buatan,kepalanya dari kelapa tua yang udah gak ada isinya,badanya dari kayu yang dibuat palang( seperti salib)dan ditutupi kain putih,sebagai alat komunikasi siboneka diberikan alat tulis(biasanya spidol)ama kertas.dan beberapa sesajen(makanan untuk sihantu),dan dilengkapi mantranya yang kebanyakan udh ada film2.

  91. gambar wewe gombel ngambilnya pas acara orang kawinan y………kayany aku knal ama salah satu orang2 yang lagi makan,NAH UNTUK SEMUANYA YANG NGBACA GAMBAR WEWE GOMBEL yang terlihat tu sebenarnyab adalah gambar salah satu keluarga siempunya ACARA,nama orang yang seperti wewe gombel tu namanya bibi sari dia tinggal jln smu 5 deket ama rumah aku.untuk ardi salam kenal JANGAN MARAH LAH

  92. oke sech……..!!!!
    tapi kok ga da yg jelas foto hantunya….????

  93. atuut,,di igit!!!!!!!!!!!!!

  94. iiy,atuut,atuut

  95. HATI-HATI DENGAN PESAN YANG ANDA DAPAT!

    Sebuah Pesan muncul pada sebuah ponsel.

    Nang Ning Nang Gung. Namaku Putri, usiaku 7 tahun. Tahun 1967 keluargaku tewas dibantai. Aku tewas saat memeluk boneka. Temani aku malam ini. Jika tidak mau, kirim pesan ini ke tujuh nomor lain.

    Apabila pesan tersebut tidak disebarkan, maka kematian akan mengancam si pemilik ponsel. Sebut saja Jo, ia baru saja menerima pesan tersebut, namun ia tidak mengindahkannya. Tak lama kemudian, ia melihat ada boneka di sekitarnya, padahal ia tak pernah melihat benda itu ada di rumahnya. Ia pun seketika mati misterius tanpa ada penyebabnya. Polisi menutup kasus yang menyisakan tanda tanya besar bagi orang-orang terdekat dan mereka yang pernah melihatnya.

    Seseorang dari Jogja pun mengalami nasib yang sama. Ia pun suatu malam mendapatkan sms seperti demikian. Pertama kalinya, ia juga tak mengindahkan. Namun, saat dia sedang mengambil minum di lantai bawah, ia menemukan potongan tangan! Tangan boneka. Ia pun tak pernah memiliki mainan bernama boneka. Terlebih dia adalah penggemar musik rock. Ia pun mulai ketakutan dan mulai menyebarkan sms tersebut ke tujuh nomor lain, tapi apa yang terjadi…semua pending. Tiba-tiba ada sebuah pesan masuk lagi ke dalam ponselnya: sudah terlambat, temani aku! Tak perlu kuceritakan betapa mengenaskan kematiannya.

    Selamatkan diri kita dan orang-orang terdekat dari salah satu sisi negatif perkembangan teknologi, terutama ponsel. Lebih detailnya buka http://tokoebook.com/index.php?main_page=product_info&cPath=1&products_id=10

    Lubis Grafura
    http://www.lubisgrafura.co.cc

  96. memang sudah seharusnya, bila kita menerima sms semacam itu tidak perlu menyebarkan lagi kepada orang lain, karena persoalan hidup mati makhluk Tuhan hanya Tuhan yang mempunyai kuasa bukan selain Dia, masalahnya kita sering meragukan kuasa Tuhan. Jangan kamu ragu, karena ragu itu teman setan,……..salam.

  97. Begini ceritanya…
    Pada suatu ketika….
    Hhhiiiii…..seram…
    The-End

  98. zzZzZZzzzZZzz…….

  99. PA BNR HANTU ITU SUKA SMA KOPI PAIT

    …………………………..????????????????????

    KALAU EMANG BNR GTO , BRARTI HANTU G BISA TIDUR DNG…!

    KACIAN JUGA Y.

  100. crita_a krang crem mnurot q…… mZx hntu ux kpy paed q z g tkot…… laen x bken yg lbeh crem y q tggu… kc ug nmr hp hntu_a mw q qrjaen

  101. Aq cih ga’ prcy dg SMS tu.gue lbh prcy dg tuhan.

  102. gue cih sk dg crtx ja.

  103. saya percaya bhwa adanya hal2 goi’b sprti ntu….
    tp saya tidak begitu takut ko dengan yg begituan…
    yg saya takutkan adalah hantu2 yg gentayangan di gedung2 DPR….soal nya klo hantu yg 1 ni bs buat rakyat menderita….

  104. Wah… lebih seru lagi dunk plisssss

  105. Hati

  106. walau pun 9ak pernah melihat hal2 tu semua saya juga percaya klo itu da di dunia??””! krna menurut kprcayaan ku yg diatas telah mencipta kan jin atau semacam hal2 gaib???!!#% aq bleh tanya gak pakah bahwa ssemua hantu bsa buat manusia menderita???/!!

  107. SIP

  108. wow keren banget cerita na, gua padahal pengen banget ketemu ma hantu-hantu tuch, tapi kagak pernahya………………..

    god bless indonesia………………….

  109. menurut ua hANTU-HANTU itu gx ada. .
    tp tergantung ma orang itu sendri. .

  110. setan igh takuutttt. . .

  111. i waw,,sEreMMMMM…
    taPI p lEh wat hruzz d sbtanx dum,,
    Ea khhAn.heheheh

  112. jgN tkut sBb tUhanlh yg hruZZZ qiEta tkuti,,

    ea krna Tuhan yg mNciptkan Umat manusiAA..

    ^.^

  113. ihhhhhhhhhhhhhhhhhhh,.,.,.,.,.,.,.,.,.,Atuuuuuuttt

  114. .kirimin video yg nyata dunk tntang hantu! mkch………..

  115. IIIIIIIiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhh AAAAAAAaatuuutttttttttUUUTTTTTTTTT
    Semogaa aja aku gx akan pernah ktemu ama yang kayak gtu AAAMMMMMMIIIIIINNNNNNNNN……
    Aku memang percaya sama tuhan akan ngelindungi kita tapi mukanya itu yg nyeremin :'(( iiiiiiiIIIIIIIIHHHH SSSEEEEEREMMMMMMMMMMM………

  116. sejauh lnl cie aku lum pernah liat tapi menurut agama dunia makhluk halus itu ada api ga iau juga tuh.
    tapi tetep percaya ma allah ya.hehehe

  117. hantu adalah makhluk yang cuma bisa menggoda sama manusia selama manusia itu tidak mau mendekatkan diri kepada Allah, kalau manusia selalu mendekatkan diri pada Allah pasti dia takut pada manusia karena manusia l;ebih mulia dari pada hantu

  118. ihhhh seeerrreeeem …..

  119. bbrrrrrrrrr meuni sien pisan euy bbneeer benneerrr takut saya .

  120. i,,,,,,,,,, serem.

  121. Mengenai hantu pocong saya pernah melihat dirumah saya sebelum dihuni ,penghuni rumah itu meninggal dunia . menurut ajaran islam awalnya bangkitnya pocong,ketika manusia hendak bersetubuh lawan jenis dia tidak baca doa ketika mau bersetubuh kemudian setelah dia meninggal dunia jadilah pocong begitulah tanggapan saya.

  122. hah hantu nya keren

    dua tiga empat hantunya keren semua ha ha ha ha

  123. ih atut ah, seyemmmmmmmmm………

  124. aQuW LapEr….!

  125. Bagus banget ceritanya. . .
    Aku jadi tw twntang sejarah hantu di negara kita. .
    : )

  126. kuntilanak laki, emank ada…………….? tolong ksih tau jawabannya secepatnya…..!

  127. aku mau sundelbolong ngedatangin tiyas

  128. hy…………………….takut…………………

  129. wewew serem serem hantunya ya bikin w ga bisa tidur tapi good luck

  130. pocongnya sih lumayan serem yang ada di belakang org solat!

  131. masaa ada hantu pocong ci di masjid g msud akal bgd cii?? apalagi orang nya lagi sholat!!!!

  132. SUUUUUUUPER ANEHHHH,W PNGEN HANTUNYA NGEDATENGIN GURU W BYAR NGK22 TUEH GURU HEEEEEEEHEHEE

  133. ah………
    gak munkin thu smua terjadi…….

    jgn buat malu agama islam yach…..

    klo gak ada krjaan zikir aja lho…
    dosa tau?
    jgn2 kmu kafir yach?

  134. Gk SeRaM AcH!!!

  135. bgus sie. tpi tu smua boong tau…………….?

  136. huahhahaha…..mereka semua temen ku

  137. duch serem jga ea ..
    jgn smpe dueh w nglamin kjadian kyak gtu ..
    amiiieeennn

  138. kga jlas smua setannya…

  139. aku cuma mo share aja tentang salah satu setan yang ada dibasecamp ku dan temen2. Kami memanggilnya mbak brankas (aduh, maaf mbak, sorry ya..)
    beberapa teman sudah pernah ditemui, tapi ada yang belum. kalo aku c, berharap nggak akan pernah ditemui deh!

    nggak tau ya dia tregolong yang mana, tp yang pasti dia nyeremin… bikin basecamp ku jadi serem

  140. azip azip……tkut juga sh,,,,,tpi dgan baca gini q jd tmbah barani….huhuiiiiiiiiiiiiiii..

  141. saya sebenar nya tidak percaya sama yang nama nya “HANTU”

  142. menurut aq hantu adalah sbuah prasaan seseorang terhadap dirinya sendiri di karnakan takut dengan segala kesalahanya……………

  143. Weee….

    W trtarik dgn cerita sms pmbunuh….

    Allah swt dan Nabi Muhammad (sblm mninggal) memberikan qta pesan bhwa ad 3 pdoman dlm hdup agar tdk trsesat AL QURANUL KARIM,hadis,akal pkiran qta

    qt mnusia pny otak,so knpa kmatian org d sngkut2 pautkan dgn hantu,it takdir x…

    Gyan bgaimana pnuliz mnceritakan ttg kmatian org kdua…
    Bgaimana dy thu kisah tsb ?
    Pa korban sblm trbunuh mncritakan pd org lain ??
    That’s bullshit…

    Qt ngku islam..py jgn kyak prmitif dun,yg pa2 d sngkut pautkan dgn gaib,..
    Q hny pcya,setan it ad,nyata,real n ad d skitar qt..
    Py setan g bsa mlukai mnusia bhkan mmbunuhny (hanya ALLAH yg bsa) brbda dgn santet yg mnggunakan media ghaib mlalui prantara jin…

    Yg sya pcya setan it pngganggu mnusia yg kan brusaha mnjbloskan mnusia ke neraka n takkan brhnti mpe kiamat,,
    dgn mmpercyai hal tsb..qt sdh trmasuk gol.musyrik,,
    krna pcya bhwa setan dpt mmbunuh mnusia,,
    qta jauh lbh tinggi gan dri begundal2 it…

    Improve your iman to your GOD !!

  144. hantu na keren2 banget

  145. gue pernah tonjok hantu mpe pingsan
    hahaha (lebay)

  146. good tambah lagi domk kepala api doank

  147. apakah kalian pecaya\takut.
    lw taku berarti iman kalian kurang…….
    mau mnambah imanxa……….
    lakuin apa yg diperintah tuhan u masing2…..
    lw gue tuhan gue…yaitu….
    ALLAH..

  148. setip detik

  149. hiiiiiiii takut gue……
    apa g’da hntu yg kayak artis,,,,,,,,,
    kayak maria ozawa

  150. sayangxa hntuxa g’ gnteng seperti kimbum…..

  151. mati aja lah hntu2 tu kita kan g’ ganggu dia …….

  152. ampoonk..tkooo…

  153. gimana klo penampakan di usu pintusatu medan

  154. HIIIIIIIIII HABIS’Z BACA JADI MERINDING NIH…………….
    LEBIH SEREM LAGI KALO DI TAMBAH HANTU KUCHISAKE MAKSUD KU SEMUA HANTU DI DUNIA HEHEHEHEHEHEHEHEHEHEHE…………….

  155. Serem bgttttt tdi we baca cmn foto suster ngesot kgk ada…….??

  156. syukurilah apa yg ada di bumi hantu itu memang ada tpi gimana caranya hantu kan saudara kita yg di ciptakan oleh yg maha kuasa kan

  157. syukurilah apa yg ada di bumi hantu itu memang ada tpi gimana caranya hantu kan saudara kita yg di ciptakan oleh yg maha kuasa kan
    ………..

  158. iya
    ………..

  159. klu ketemu hantu dpt membawa rejeki ok tp bkn hantu yg minta korban lho, tp klu ketemu yg bisa membuat org celaka itu yg serem karena bukan hanya membuat anda takut dan sakit namun mobil andapun bisa msk jurang karena jelmaan dr sihantu yg jht itu.

  160. itu sebenr ye syaiton…yg nak mengucakacirkan manusia….ingat loo…

  161. Jangan takut ama hantu coz derajad manusia lebih mulia.

  162. agak serem juga ya ceritanya

  163. [...] dalam film horor Indonesia tahuan 80-an dimana banyak diperankan oleh aktris kawakan Suzanna. rioardi.wordpress.com Di malam satu suro nanti (17 Des 2009), sundal bolong lah yang akan gentayangan di kaskus dan [...]

  164. AKU PERNAh melihat sosok laki* berbaju putih matanya itu MErah wajahnya seperti rusak PAling itu YG namaNYA kuntilanak LAKI*

  165. aku pernah melihat hantu pocong

    tapi liat di internet hehehehe

  166. PROMO BESAR-BESARAN OLIVIACLUB 100%….!!!!
    promo oliviaclub kali ini adalah promo deposit akan mendapatkan bonus chip sebesar nilai deposit yang disetorkan
    jadi untuk para pecinta poker oliviaclub yang sudah lama mendaftar ataupun yang baru melakukan register.. akan bisa mengikuti promo ini…

    SYARAT DAN KETENTUAN
    1.pemain dapat mengklaim bonus promo melalui live chat kami
    2.pemain yang mengikuti promo tidak akan bisa melakukan WD sebelum turnover/fee/pajak belum mencapai 30 x lipat dari angka deposit.
    3.minimal deposit untuk promo ini adalah Rp.50.000
    maximal deposit adalah Rp.200.000
    apabila ada pemain yang melakukan deposit diatas 200rb rupiah..
    hanya 200rb yang akan di hitung untuk mendapatkan bonus
    promo ini
    4. apabila pemain melakukan deposit sebanyak 50rb akan
    mendapatkan bonus 50rb.. dan apabila chip habis dan melakukan
    deposit 50rb lagi maka harus menunggu selama 6 jam terlebih
    dahulu sebelum dapat mengklaim bonus 100% dari
    angkadeposit..
    batas maksimal klaim bonus tetap max deposit 200rb per hari
    5. klaim bonus promo berlaku 1×12 jam..
    para pemain diharuskan mengklaim bonus sebelum bermain..jika
    ada pemain yang melakukan deposit dan bermain..
    baru setelah bermain mengklaim bonus..maka tidak akan dilayani
    6.PROMO OLIVIACLUB ini dapat berakhir sewaktu waktu tanpa
    pemberitahuan terlebih dahulu
    7.keputusan pihak OLIVIACLUB tidak dapat diganggu gugat dan
    mutlak

    CARA MENGKLAIM BONUS PROMO :
    1.setelah melakukan register dan deposit maka pemain harus melakukan login dan masuk ke menu memo,tulis subjek klaim voucher promo
    2.admin OLIVIACLUB akan segera membalas memo anda dan
    memberikan kode voucher.
    3.setelah menerima kode voucher silakan menuju menu deposit
    isi kan formulir deposit sebagaimana anda biasa melakukan deposit.
    setelah itu pada kolom keterangan di menu deposit silakan anda tuliskan kode voucher yang telah diberikan
    4.silakan gunakan jasa live chat kami untuk membantu anda dalam mengklaim bonus PROMO OLIVIACLUB

    WARNING….!!!!!
    apabila pemain belum melakukan deposit dan mencoba untuk mengklaim bonus.. maka id akan kami blokir/delete secara permanen.
    transfer chip tidak di perbolehkan dan akan di tindak tegas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: