Oleh: rioardi | September 27, 2017

Luar Biasa! Misteri Struktur dan Pembangunan Piramida Tertua Akhirnya Terkuak

pira
JAKARTA – Mesir amat dikenal dengan Piramida-nya. Bagaimana tidak, bangunan unik tersebut hanya ditemukan di negaranya saja. Meski begitu, tak banyak orang yang mengetahui bagaimana orang-orang terdahulu membangunnya.

Kini para arkeolog percaya bahwa mereka berhasil memecahkan misteri bagaimana orang-orang Mesir Kuno membangun Great Pyramid of Giza atau Piramida Agung Giza.

Piramida Giza adalah piramida yang tertua dan satu-satunya yang selamat dari Tujuh Keajaiban Dunia. Bangunan ini dibangun selama periode 20 tahun dengan menggunakan batu kapur yang bersumber dari Tora, dan granit dari selatan Mesir.

Strukturnya yang memesona orang-orang selama ribuan tahun dan tetap menjadi konstruksi buatan manusia tertinggi di Bumi hingga abad pertengahan.

Dibangun sebagai makam untuk Firaun, Piramida Giza berdiri pada ketinggian 481 kaki yang mengesankan orang-orang serta menjadi piramida terbesar dari semua piramida.

Namun, sejarawan sejak lama kebingungan bagaimana orang-orang dengan alat yang relatif primitif berhasil mengangkut sekira 800 ton bahan setiap hari dari Aswan yang jaraknya 500 mil ke selatan.

Kini, papirus kuno, perahu dan sistem pengairan telah mengungkapkan kompleksitas infrastruktur yang diciptakan oleh orang-orang Mesir untuk melengkapi struktur piramida.

Sebuah gulungan kuno yang ditulis oleh seorang mandor bernama Merer ditemukan di pelabuhan Wadi Al-Jarf, yang merupakan satu-satunya catatan tangan pertama yang mencatat bagaimana piramida dibangun.

Ditulis pada papirus kuno (kertas nabati yang digunakan di wilayah tersebut pada saat itu), Merer mengatakan ribuan buruh mengangkut 170.000 ton batu kapur sepanjang Sungai Nil dengan menggunakan perahu kayu, yang disatukan oleh tali.

Diperkirakan 2,3 juta blok batu kapur diangkut melalui sistem kanal yang dibangun khusus ke pelabuhan pedalaman yang hanya beberapa meter dari dasar piramida. Arkeolog Mark Lehner, seorang akhi Eygptologi juga menemukan jalur air yang berabad-abad berada di bawah Piramida Giza.

“Kami telah menemukan cekungan saluran sentral, yang menurut kami merupakan area pengiriman utama ke kaki dasar daratan tinggi Giza,” ujarnya.

Tak hanya itu, arkeolog juga menemukan sebuah perahu yang dirancang untuk Khufu, yang merupakan Firaun kedua dari dinasti keempat yang memerintah Mesir antara tahun 2609 SM – 2584 SM.

Dipercaya oleh sejarawan, perahu itu dirancang agar Khufu berlayar ke alam baka. Meski bagian-bagian penting perahu itu telah diperbarui pada 1980, teknologi 3D telah membantu peneliti menyoroti bagaimana piramida Giza dibangun.

Para ilmuwan menemukan bahwa perahu itu disusun dengan lingkaran tali, dan bahwa teknik ini kemungkinan juga digunakan untuk mengangkut blok batu kapur besar dari Aswan. Demikian seperti dilansir IB Times, Selasa (26/9/2017). (lnm).
(kem)

sumber : https://techno.okezone.com/read/2017/09/25/56/1782876/luar-biasa-misteri-struktur-dan-pembangunan-piramida-tertua-akhirnya-terkuak?utm_source=techno&utm_medium=techno_box&utm_campaign=headline

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: