Oleh: rioardi | September 26, 2017

Luar Biasa! Ini Jadinya saat Gerhana Matahari 2017 Dilihat dari Ruang Angkasa

1
JAKARTA – Ribuan warga Amerika Serikat menyambut kedatangan gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017, waktu setempat. Mereka berkumpul di sejumlah kawasan di Amerika untuk menyaksikan fenomena langka tersebut.

Meski demikian badan antariksa Amerika Serikat, NASA, memiliki cara tersendiri untuk melihatnya. Sebagaimana dilaporkan Time, Selasa (22/8/2017), beberapa anggota dari kru Expedition 52 membawa kamera dan filter khusus untuk mengabadikan gerhana matahari. Kru yang terdiri dari enam astronot itu menyaksikan gerhana matahari dalam tiga waktu berbeda.

Hasilnya bisa terlihat dari situs resmi NASA yang menampilkan beragam sudut pandang. Badan antariksa AS itu menangkap momen saat kawasan Amerika Serikat diselimuti oleh kegelapan. Foto tersebut diambil dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).
2
Tak hanya itu, NASA juga mengabadikan saat matahari mulai tertutup bulan. Foto-foto yang dihasilkan NASA diambil oleh astronot Jack Fischer dan Peggy Whitson (NASA), serta Paolo Nespoli, Roscosmos’ Commander Fyodor Yurchikhin dan Sergey Ryazanskiy dari European Space Agency.
3
Stasiun Ruang Angkasa Internasional yang mereka tumpangi melintas di jalur gerhana sebanyak tiga kali dari atas kawasan Amerika Serikat dengan ketinggian 250 mil.
4
Rute ISS terlihat dalam foto berikut ini yang terlihat melintas di dekat bulan dan matahari. Dari kejauhan, pesawat hunian di ruang angkasa itu tampak seukuran nyamuk bagi orang dewasa.

NASA juga mendapatkan gambaran gerhana matahari secara jelas dari Solar Dynamic Obersvatory (SDO). Di foto itu matahari tampak jelas dengan memperlihatkan letupan gelembung gas panas (coronal mass ejection) yang keluar dari permukaannya. Sedangkan bagian lainnya, mulai tertutup bulan untuk membentuk gerhana matahari.

5
Sumber : https://techno.okezone.com/read/2017/08/22/56/1760458/luar-biasa-ini-jadinya-saat-gerhana-matahari-2017-dilihat-dari-ruang-angkasa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: