Oleh: rioardi | Februari 21, 2013

Simpanse Lebih Cerdas Ketimbang Manusia?

INILAH.COM, Boston – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa simpanse kemungkinan lebih cerdas daripada manusia, setidaknya dalam hal ingatan jangka pendek. Benarkah?

Dalam pertemuan tahunan American Association for the Advancement of Science (AAAS) di Boston, AS, di pertengahan pekan lalu, seorang peneliti asal Jepang menampilkan video penelitian yang menunjukkan kemampuan luar biasa simpanse bernama Ayumu.

Dalam video tersebut terlihat ketika angka satu sampa 9 muncul secara acak pada layar dan kemudian menghilang, simpanse itu dapat mengingat urutan yang tepat dan lokasi dari setiap angka.

simpanse

“Simpanse ini juga mempelajari angka satu sampai 9 dan mampu menyentuh setiap angkanya dalam urutan naik, ini belum pernah diketahui sebelumnya,” ujar Tetsuro Matsuzawa, seorang peneliti dari pusat penelitian primata di Universitas Kyoto, Jepang.

Ketika Matsuzawa menunjukkan video kepada para ilmuwan lainnya dan para wartawan, mereka pun berdecak kagum.

“Jangan khawatir, belum ada yang bisa melakukan hal seperti ini, termasuk Anda, itu mustahil,” ujar Matsuzawa.

Menurutnya, beberapa orang mungkin memiliki kemampuan seperti ini, tetapi biasanya orang-orang yang memiliki sindrom dengan cacat kemampuan mental yang parah, yang biasanya justru memiliki kemampuan di luar manusia biasa, demikian dilaporkan LiveScience.

Sedangkan dari enam simpanse lainnya yang diuji, ternyata semuanya bisa mengingat dengan cepat lokasi dan urutan dari sembilan digit angka.

Ingatan jangka pendek ini membantu simpanse dalam bertahan hidup di alam liar, yang mereka sering harus membuat keputusan cepat dan kompleks.

Memori yang bekerja adalah bentuk aktif dari memori jangka pendek, sebuah mental yang bekerja yang memungkinkan otak untuk menghasilkan beberapa pikiran secara bersamaan.

Memori ini bekerja secara menakjubkan misalnya untuk membantu mereka mengingat arah dan letak cabang-cabang pohon-pohon besar untuk memberi makan, atau memutuskan apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan sekelompok binatang yang saling mengancam antara satu dan lainnya.

Sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1959865/simpanse-lebih-cerdas-ketimbang-manusia#.USWjGvJvj4E


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: