Oleh: rioardi | Februari 21, 2013

Pesawat Siluman Iran Hasil Rekayasa Photoshop?

KOMPAS.com — Memiliki jet tempur “siluman” yang tak terdeteksi radar merupakan kebanggaan bagi sebuah negara, tak terkecuali Iran yang beberapa waktu lalu merilis foto Stealth Fighter Qaher-313.

1

Dalam foto yang dipublikasikan oleh situs Khouz News tersebut, pesawat buatan dalam negeri Iran ini tampak sedang mengangkasa di atas pegunungan bersalju. Sekilas, tampak tak ada yang salah dengan gambar itu.

Namun, sebuah analisis oleh blogger Iran mengungkapkan hal sebaliknya: besar kemungkinan foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

2

Pasalnya, seperti yang dilansir oleh PetaPixel, jet tempur Qaher-313 dalam foto tampak sangat mirip dengan sebuah foto sebelumnya yang menampilkan pesawat yang sama saat acara perkenalan di Teheran, 2 Februari lalu.

Sudut pengambilan gambar, pantulan cahaya, bahkan bayangan-bayangan pesawat di antara kedua foto tampak identik.

3

Soal Gunung Damavand yang dijadikan latar belakang, gambar tersebut disinyalir telah diambil dari situs penyedia foto PickyWallpapers.com.

Para pejabat Iran sendiri menyangkal tuduhan rekayasa foto tersebut, dan mengatakan bahwa semua keraguan atas terbangnya Qaher-313 di angkasa Iran sebagai “propaganda musuh”.

Sebelum ini, Iran juga pernah memublikasikan sejumlah foto yang keasliannya diragukan, seperti ketika negara tersebut mengklaim berhasil mengirim monyet ke angkasa dan menciptakan pesawat tanpa awak.
Editor: Reza Wahyudi

sumber : http://tekno.kompas.com/read/2013/02/21/08502672/Pesawat.Siluman.Iran.Hasil.Rekayasa.Photoshop?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktswp


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: