Oleh: rioardi | Februari 21, 2013

Kulit Durian Jadi Energi Alternatif

BANGKINANG (RP) – Siswa MAN 1 Kampar, berhasil menemukan tenaga listrik dari kulit durian. Ini tentu saja menjadi langkah yang maju karena menunjukkan adanya kemampuan prestasi dari siswa.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kampar, H Fairus, didampingi Kepala MAN 1 Kampar, HM Yamin, kepada Riau Pos, Ahad (20/2) mengatakan, Rabu (22/2) pagi, Kanwil Kementrian Agama Riau akan mendengarkan langsung ekspos dari para siswa tentang hasil penelitiannya itu.

110407ckulit-durian1

Dikatakanya, proses pembuatannya, yakni kulit luar durian dipisahkan dari bagian dalam yang berwarna putih dan kulit bagian dalam dipotong kecil lalu ditumbuk halus. Kemudian, didiamkan selama beberapa menit dan sambil menunggu hasil tumbukan agak kering, dipilih baterai kering yang sudah tidak terpakai dan buang kulit luar pembungkus baterai.

Kemudian, katanya, buka penutup atas baterai dan isi baterai dibuang yang berupa serbuk berwarna hitam (pasta) yang memiliki kandungan manga, besi, karbon dan tembaga yang nantinya diganti dengan serbuk dari kulit durian.

Baterai hasil olahan ini mampu menghidupkan bola lampu ukuran kecil dan kandungan energi baterai itu mampu bertahan hingga lima hari dengan menghasilkan tegangan 1,25 volt.

Dari hasil penelitian dan pembuatan, maka dapat disimpulkan bahwa, kulit durian bisa menghasilkan listrik dengan tegangan sebesar 1,25 volt dan mampu bertahan selama 5 hari. Semakin banyak kulit durian maka semakin besar pula tegangan dan arus yang dihasilkan. ‘’Untuk membuat listrik dari kulit durian ini tidak terlalu rumit dan tidak mahal, hanya memanfaatkan kulit durian dan baterai bekas,’’ jelasnya.(rdh)

sumber :http://riaupos.co/daerah.php?act=full&id=463&kat=3#.USWhc_Jvj4E

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: