Oleh: rioardi | Februari 21, 2013

FIFA Setuju Penggunaan Teknologi Garis Gawang

INILAH.COM, Zurich – Setelah menuai sukses di Kejuaraan Dunia Antar Klub 2012, Federasi Internasional Sepak Bola FIFA akhirnya setuju untuk menggunakan teknologi garis gawang di Piala Konfederasi 2013 dan Piala Dunia 2014.

Sebelumnya, penggunaan teknologi garis gawang mendapatkan pertentangan dari beberapa pihak, di antaranya Presiden UEFA Michel Platini.

Teknologi garis gawang, pertama kali digunakan pada Kejuaraan Dunia Antar Klub Desember 2012. Teknologi ini diaplikasikan dengan cara menanam chip di dalam bola dan memberikan sinyal kepada gelang di tangan wasit jika bola melewati garis gawang.
garis gawang

Saat ini beberapa perusahaan sudah menawarkan kepada FIFA sebagai vendor teknologi garis gawang (goal line technology atau GLT). Seidaknya ada dua perusahaan yang telah mendapatkan lisensi FIFA, yakni Hawk-Eye dan GoalRef.

“Tujuan menggunakan GLT adalah untuk mendukung kinerja perangkat pertandingan dan memasangnya di seluruh stadion. Kami akan melakukan tes dengan para wasit,” demikian pernyataan FIFA dalam situs resminya.

“Kedua penyedia teknologi GLT itu sudah mengantungi lisensi dari FIFA Quality Programme. Dan beberapa penyedia GLT lainnya masih harus melewati pengambilan lisesi sebelum ikut tender. Mereka harus melewati beberapa tes dulu,” lanjut pernyataan tersebut.

GLT dari perusahaan Hawk-Eye saat ini sudah digunakan dalam olahraga tenis dan cricket. Sementara, GoalRef mengandalkan sensor magnetik di tiang gawang.

Rencananya FIFA akan memutuskan teknologi yang akan digunakan pada April 2013. [ikh]

sumber :http://teknologi.inilah.com/read/detail/1959863/fifa-setuju-penggunaan-teknologi-garis-gawang#.USWjFfJvj4E

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: