Oleh: rioardi | Maret 6, 2010

1000000000000000000000000000 Namanya Apa?

1.000.000.000.000.000.000.000.000.000. Tapi ilmuwan punya calon nama untuk deretan angka ini.

Sebuah kampanye untuk nama “hella” bisa jadi akan bergabung dengan kelompok “kilo”, “mega” dan “giga” sebagai awalan yang diterima secara internasional.

Lebih dari 20.000 ilmuwan, mahasiswa dan anggota masyarakat telah menandatangani petisi dukungan online untuk kuantitas baru itu, yang akan digunakan untuk menggambarkan angka dengan 27 angka nol setelah angka pertama.

Saat ini awalan tertinggi yang diperbolehkan oleh Sistem Satuan Internasional (SI) adalah “yotta” untuk 24 nol.

Austin Sendek, mahasiswa fisika di Universitas California yang memulai kampanye itu mengatakan, perkembangan ilmiah baru-baru memerlukan skala pengukuran diperpanjang.

“Analisis dari banyak fenomena fisika alam menunjukkan jumlah yang melebihi 27 angka, jumlah yang saat ini diabaikan oleh sistem SI,” tulisnya menguraikan kasus petisi untuk hella.

“Menunjuk nama untuk 10 X 27 adalah sangat penting bagi para ilmuwan di segala bidang. Angka itu penting dalam banyak perhitungan, termasuk daya dari matahari, jarak antar galaksi, atau jumlah atom dalam sampel yang besar.”

Jumlah energi yang dilepaskan oleh matahari akan lebih enak dinyatakan sebagai 0,3 hellawatts dibandingkan 300 yottawatts, ia menambahkan.

Hella adalah bahasa slang California Utara untuk “sangat” atau “banyak”. Sendek dan para pendukungnya berpendapat bahwa adopsi itu akan menjadi kehormatan bagi penduduk wilayah itu.

Jika perubahan disetujui, maka hella akan menjadi awalan SI baru pertama yang diperkenalkan sejak tahun 1991, ketika Komite Internasional untuk Berat dan Ukuran menyetujui yotta dan zetta (untuk 21 nol).[ito]


Responses

  1. nice post 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: