Oleh: rioardi | Februari 25, 2010

Anjing Ternyata Keturunan Serigala Timur Tengah

INILAH.COM, Jakarta – Penelitian mendapati semua anjing berukuran kecil erasal dari gerombolan serigala abu-abu yang menjelajah dataran Timur Tengah lebih dari 12 ribu tahun lalu.

Sebuah studi genetika terbaru yang melacak gen disebut IGF1 yang menentukan kehadiran anjing berukuran kecil dan awalnya merujuk pada serigala abu-abu domestik yang hidup di wilayah tersebut.

Melissa Gray dan Robert Wayne dari Universitas California memimpin sebuah tim riset yang mensurvei sebuah sampel besar dari populasi serigala abu-abu.

Melissa mengatakan, “mutasi untuk ukuran tubuh kecil yang memperbaharui jenis anjing hidup bersama manusia. Anjing kecil memiliki varian IGF1, yang mungkin muncul dan menjadi akar sejarah mereka.”

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa versi gen IGF1 yang ditemukan dalam anjing kecil berhubungan sangat dekat dengan serigala yang ditemukan di Timur Tengah dan konsisten dengan asal muasal wilayah tersebut sebagai anjing domestik yang berukuran mini,” tambah Melissa.

Penelitian tersebut dipublikasikan di dalam jurnal BMC Biology.

Kerja arkeologi sebelumnya di Timur Tengah telah berhasil mengungkap sisa anjing berukuran kecil yang pernah ada mulai 12 ribu tahun lalu.

Penyebaran di Belgia, Jerman dan Rusia barat masih menyisakan anjing kecil 13 ribu hingga 31 ribu tahun lalu, tetapi dengan ukurannya lebih besar.[ito]


Responses

  1. pantes anjing gw suka ngejar2 ayam
    *kaburrr


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: