Oleh: rioardi | Januari 5, 2010

Dubai Resmikan Gedung Tertinggi di Dunia

DUBAI, KOMPAS.com — Dubai yang sempat dilanda kelesuan ekonomi akan meresmikan pembukaan pencakar langit tertinggi di dunia, Senin (4/1/2010). Pencakar itu didesain dengan konstruksi canggih, berstruktur seperti jarum, serta dibangun dari beton, baja, dan kaca. Gedung ini diharapkan akan memperbaiki citra Dubai yang sempat tercoreng karena masalah utang.

Emaar, perusahaan properti besar yang sebagian kepemilikannya dipegang oleh pemerintah, sekaligus pihak yang membangun pencakar langit ini, masih enggan mengatakan ketinggian persis gedung Burj Dubai.

Perusahaan itu hanya mau menyatakan bahwa pencakar langit itu memiliki tinggi lebih dari 800 m, jauh lebih tinggi daripada gedung Taipei 101 di Taiwan setinggi 508 m.

Menurut Bill Baker, insinyur sipil dan struktur, mitra dari Skidmoer, Owings and Merill (SOM) yang berbasis di Chicago dan merupakan perusahaan yang mendesain menara itu, gedung Burj Dubai memberikan s tandar baru bagi arsitektur pencakar langit.

“Tadinya kami kira gedung ini akan lebih tinggi sedikit saja dari menara Taipei 101. Tapi Emaar terus meminta kami mempertingginya dan tadinya kami tak tahu sampai seberapa,” ujarnya, “Dan semakin tinggi kami membangun, kami menemukan bahwa kami bisa membangun lebih daripada yang semula diperkirakan.”

Ia juga menambahkan, “Kami belajar banyak dari menara Burj Dubai. Aku perkirakan, kami bisa membangun gedung setinggi 1 km. Kami optimistis bisa lebih tinggi lagi.”

Pencakar langit Burj Dubai terdiri dari 160 lantai, dengan luas 330.000 meter kubik, berisi 31.400 ton baja, dan bisa dilihat dari jarak 95 km. Gedung ini dilengkapi 57 lift untuk keperluan para penghuni, 1.044 apartemen, dan memiliki 49 lantai perkantoran, dan juga hotel yang menyandang logo Giorgio Armani.


Responses

  1. great building, kapan yanh indonesia meiliki gedung tertinggi seperti itu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: