Oleh: rioardi | November 17, 2009

Sperma Tertua Di Dunia Yang Hidup 100 Juta Tahun

Sperma Tertua di Dunia

Sperma Tertua di Dunia adalah Harbinia micropapillosa, Sperma tertua di dunia, Sisa sperma dari fosil crustacea yang hidup 100 juta tahun lalu. Fosil binatang itu mengandung sperma sangat besar, bahkan lebih panjang dari tubuhnya. Ukuran sperma ini memecahkan record karena panjangnya bisa 10 kali panjang tubuh. Hewan ini disebut Harbinia micropapillosa, organisme itu masih ada hingga sekarang.

Sperma ini ditemukan oleh ilmuwan, diantaranya Renate Matzke-Karasz yang meneliti “Pejantannya memiliki organ kelamin besar untuk menangani sperma mereka,” kata peneliti Renate Matzke-Karasz dari Ludwig Maximilians University di Munich, Jerman. Jika panjang sperma bisa mencapai panjang tubuh organisme, maka itu bisa dikategorikan sebagai raksasa.
Matzke-Karasz dan koleganya menggunakan holotomography, cara scanning 3D untuk melihat organ reproduksi spesimen H micropapillosa yang tersisa. Ilmuwan itu kemudian membandingkan dengan keluarga dekatnya Eucypris virens.

Meskipun sperma itu rusak, foto 3D menunjukkan betina itu baru kimpoi dan dipenuhi dengan sperma. Sebelumnya sperma tertua yang pernah ditemukan adalah springtail yang hidup pada 40 juta tahun lalu.

http://www.lintasberita.com/Dunia/Be…100-juta-tahun


Responses

  1. Menarik artikelnya bos. Salam kenal.

  2. wah………………..

  3. gue jga punya eeee


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: