Oleh: rioardi | Oktober 27, 2009

Pria 445 Kg Butuh Operasi Segera

4LONDON – Seorang pria yang dijuluki sebagai ” pria tergemuk di dunia” oleh media massa Inggris membutuhkan operasi darurat untuk mengurangi berat badannya. Jika tidak, nyawanya terancam.

Paul Mason (48) yang memiliki bobot badan 445 kilogram membutuhkan operasi seharga 20.000 poundsterling untuk menyelamatkan hidupnya. Kekacauan pola makan membuatnya menjadi manusia supergendut.

Maklum saja, dia menyerap 20.000 kalori makanan setiap hari, atau delapan kali lipat dibandingkan 2.500 kalori yang dikonsumsi rata-rata pria dewasa. Dengan lahapnya dia bisa menghabiskan santapan untuk tiga keluarga dalam semalam.

Dilansir The Sun, Rabu (21/10/2009), Mason tinggal di sebuah bungalo yang didesain khusus, dan membutuhkan kursi roda khusus untuk bepergian. Biaya perawatannya mencapai 100.000 poundsterling atau sekira USD177.191 per tahun. Sementara operasi untuk menyelamatkan hidupnya bisa mencapai USD35.433 atau 20.000 poundsterling.

Beban biaya perawatan Mason dialihkan ke otoritas kesehatan Inggris, setelah ibunya yang berusia 76 tahun meninggal dunia enam pekan lalu. Selama delapan tahun terakhir Mason menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur di rumahnya di Ipswich, Suffolk.

Operasi dianggap satu-satunya solusi untuk menyelamatkan nyawa dia. Namun sebelum itu dilakukan, masalah pertama yang harus dipecahkan adalah bagaimana cara mengangkut Mason ke rumah sakit yang berjarak 152 mil dari rumahnya.

Otoritas kesehatan sempat mempertimbangkan penggunaan sebuah helikopter Chinook milik Angkatan Udara Inggris (RAF) untuk mengangkut dia ke unit medis di Chichester, West Sussex.

Tetapi opsi itu dikesampingkan, dan Mason akan dibawa dengan ambulans khusus seberat 5 ton yang memang dibuat untuk orang-orang yang menderita obesitas. Biaya yang dibutuhkan jika mengangkut Mason dengan ambulans itu mencapai 90.000 poundsterling.

“Pria ini sangat sakit dan ini adalah operasi untuk menyelamatkan hidupnya,” ujar seorang juru bicara otoritas kesehatan setempat.

“Aspek terpenting untuk mengangkut dia adalah menjaga martabat dan keselamatan dia. Kami tidak pernah melakukan hal seperti ini sebelumnya,” tambah juru bicara itu.

Mason menjadi pria terberat di dunia setelah Manuel Uribe (43) asal Meksiko berhasil mengurangi berat badannya hingga separuh. Sebelum diet, Uribe memiliki bobot nyaris 600 kilogram.(jri)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: