Oleh: rioardi | Oktober 17, 2009

Unri Temukan Mobil Listrik

Laporan MARIO KISAZ, Kota
redaksi@riaupos.com

UNIVERSITAS Riau kembali menunjukkan langkah inovatifnya dengan menemukan sebuah mobil listrik yang ramah lingkungan. Mobil tersebut diberi nama Ureca (Unversity Of Riau Eco Car) yang artinya kendaraan Unri yang ramah lingkungan. Kendaraan tersebut ditemukan beberapa mahasiswa semester akhir Jurusan Teknik Mesin Unri dengan dibimbing oleh dosen-dosen yang berkompeten di bidangnya.

Mobil yang tidak menggunakan Bahan Bakan Minyak (BBM) ini memang sengaja dimodifikasi berbentuk seperti mobil jeep dengan memiliki kemampuan membawa beban seberat 400 kilogram. Selain itu mobil memiliki kemampuan menempuh jarak 100 kilometer untuk tiap satu baterai yang telah didesain sedemikian rupa dengan hanya memiliki kecepatan maksimal 25 kilometer/jam.

Hal tersebut diungkapkan Pembantu Rektor Empat Universitas Riau Dr Adhy Prayitno MSc kepada Riau Pos, Kamis (15/10). Dia menambahkan pada mulanya ide ini muncul ketika para akademisi Unri mencari solusi untuk menciptakan sarana transportasi yang dapat dimanfaatkan di dalam kampus.

‘’ Mobil yang didesain agar ramah lingkungan ini akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 18 Oktober 2009 saat acara Unri Scientech Exp 2009. Mobil yang menggunakan baterai dengan daya 36 volt ini pada awalnya bernama Erica (Elektric Riau Car), namun dengan berbagai pertimbangan diganti dengan Ureca,’’ ujar Almuni pendidikan Doktor di salah satu universitas di Inggris tersebut.

Saat dikonfirmasi mengenai kelanjutan temuan inovatif tersebut, Adhy mengatakan ke depannya mobil ini akan didesain lagi menjadi sebuah bus dengan memanfaatkan energi cahaya matahari, sehingga tidak ada batasan dalam memperoleh energi. Kendaraan tersebut nantinya akan dijadikan armada transportasi untuk para mahasiswa dan staf di Unri.(mng)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: