Oleh: rioardi | Oktober 17, 2009

1 dari 25 Orang di Dunia Pakai Ganja

4HONG KONG – Berdasarkan hasil penelitian Kantor Badan Kejahatan Obat Terlarang PBB (UNODC) dalam 10 tahun terakhir, diperkirakan 166 juta orang di seluruh dunia pernah menjadi pecandu ganja atau pemakai aktif.

Jumlah tersebut berarti 1 dari 25 orang yang berusia antara 15 dan 64 tahun di seluruh dunia selama 2006 sudah pernah mencoba ganja. Demikian seperti diberitakan Reuters, Jumat (16/10/2009).

Data tersebut ditindaklanjuti oleh Profesor Wayne Hall dari Sekolah Kesehatan Masyarakat di Universitas Queensland di Brisbane, Australia, dan Profesor Loisa Degenhardt dari Pusat Penelitian Alkohol dan Obat Terlarang Nasional Universitas New South Wales Sydney dalam sebuah laporan.

Laporan itu berisi temuan UNODC dan tulisan medis yang dipublikasikan dalam 10 tahun terakhir mengenai ganja dan kesehatan manusia.

Berdasarkan data, ganja banyak digunakan di Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Eropa. Jika didata berdasarkan benua, Asia merupakan pemakai tertinggi yaitu 31 persen dari total pemakai ganja seluruh dunia. Disusul Afrika dan Amerika yang masing-masing menyumbang 25 dan 24 persen. Sementara 18 persen pengguna ganja berada di Eropa.

Australia dan Selandia Baru merupakan pengguna tertinggi. Lebih dari 8 persen dari populasi negara-negara itu yang berusia 15 hingga 64 tahun merupakan pemakai ganja.

Diungkap, negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah seperti di Amerika Utara dan Afrika justru mengalami peningkatan dalam jumlah pemakai. Sebanyak 10 persen dari total pemakai di Amerika Utara ganja menggunakan ganja setiap hari. Sementara 20 hingga 30 persen pemakai pekanan.

Orang umumnya menjadi pemakai ganja di awal dan pertengahan usia 20-an. Mereka terus menggunakan hingga sudah bekerja dan berumah tangga.

Penggunaan ganja dapat berpengaruh pada kesehatan mental. Pemakai juga di atas 20 tahun juga berisiko mengalami gangguan jiwa (schizophrenia) dua kali lipat lebih dari pengguna yang berusia 18 tahun.

(jri)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: