Oleh: rioardi | Oktober 14, 2009

Mengapa Dinosaurus Sangat Aneh?

2INILAH.COM, Jakarta- Banyak dinosaurus yang hidup jutaan tahun yang lalu terlihat begitu aneh. Binatang itu memiliki lengan yang terlalu pendek, leher yang panjang atau duri yang menjadi penghalang dan kurang membantu dalam pertempuran.

Tapi ahli paleontologi mengatakan bahwa bagian-bagian tubuh yang tampak aneh itu dikembangkan untuk suatu alasan meskipun dalam beberapa kasus masih tidak jelas untuk apa.

“Dinosaurus bukan hanya simbol dari kepunahan, mereka benar-benar evolusioner yang sukses, makhluk inovatif,” kata Curry Kristy Rogers, seorang ahli paleontologi di Macalester College, di St Paul Minn

“Mereka berevolusi di tanduk, duri, leher panjang, ekor, cakar tajam, gigi besar,” kata Rogers. “Mereka melakukan semua hal ini dan mereka organisme yang sangat sukses di planet ini, dari kurun waktu 228 juta tahun yang lalu hingga 65 juta tahun yang lalu. Mereka adalah raja dan ratu bumi pada waktu itu.”

Ia menjelaskan Spinosaurus adalah contoh evolusi yang terliar. Dengan panjang sekitar 60 meter, Spinosaurus adalah dinosaurus pemakan daging yang terbesar, bahkan lebih besar daripada Tyrannosaurus Rex yang menakutkan.

Ahli paleontologi bingung tentang salah satu bagian tubuh yang membedakan berupa sirip sebesar 5-kaki yang melekat pada punggung. “Saya pikir itu akan membuatnya lebih berat. Sirip itu akan membuatnya menangkap angin saat tiupan yang besar. Tidak ada manfaat baik yang bisa dipikirkan untuk sirip itu, kecuali untuk menunjukkan bahwa, ‘Hei, saya bisa mengembangkan layer sebesar 5 kaki ini, serta saya sehat dan lebih besar dari anda,” kata Paul C. Sereno, seorang ahli paleontologi di University of Chicago.

Dia dan ahli paleontology lainnya percaya bahwa tujuan dari sirip raksasa itu untuk membantu membangun wilayahnya dan menarik pasangan.[ito]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: