Oleh: rioardi | Oktober 12, 2009

Terpecahkan, Evoluasi Telinga

3INILAH.COM, Jakarta- Para peneliti yang menggali di bagian timur laut China mengatakan mereka telah menemukan fosil mamalia seukuran tupai yang bisa membantu menjelaskan bagaimana pendengaran manusia berevolusi.

Ahli paleontologi menggali makhluk berusia 123 juta tahun yang hanya berukuran panjang 15 cm. Makhluk itu ditemukan di daerah kaya fosil, provinsi Liaoning, dekat perbatasan China dengan Korea Utara.

“Yang paling mengejutkan dan secara ilmiah menarik adalah telinga pada hewan itu,” kata Zhe-Xi Luo, seorang kurator untuk Carnegie Museum of Natural History di Pittsburgh dan salah satu penulis studi tersebut.

Kondisi fosil tiga sangat baik terpelihara hingga memungkinkan sebuah tim peneliti internasional untuk merekonstruksi ulang bagaimana telinga tengah makhluk itu terhubung ke rahang.

Temuan dari hubungan itu akan menjelaskan bagaimana tiga tulang telinga tengah dari mamalia menjadi terpisah dengan sendi rahang (seperti pada telinga reptile) untuk membentuk sistem pendengaran kinerja tinggi dan sangat kompleks.

“Mamalia memiliki pendengaran yang sangat sensitif, jauh lebih baik daripada pendengaran semua vertebrata lainnya. Dan pendengaran adalah kunci fundamental bagi cara hidup mamalia,” kata Luo.

Perkembangan telinga sebagai kunci untuk memahami teknik bertahan hidup yang menuntun mamalia, melalui periode Mesozoic yang dipenuhi dinosaurus- sekitar 250 hingga 66 juta tahun yang lalu.

“Evolusi telinga mamalia sangat penting untuk memahami akar dari asal-usul mamalia beradaptasi,” katanya.[ito]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: