Oleh: rioardi | Oktober 11, 2009

Terpecahkan, Misteri Atlantis

11INILAH.COM, Jakarta – Ledakan vulkanik yang melenyapkan banyak pulau, kemungkinan menginspirasi munculnya legenda peradaban kaya raya Atlantis setelah ilmuwan menemukan bukti tsunami yang jauh hingga ratusan mil mencapai wilayah Israel pada saat ini.

Penemuan baru tentang tsunami masa lalu itu dapat memberi secercah cahaya pada potensi bencana di masa depan, kata para peneliti.

Pulau- yang berbentuk lingkaran kecil kepulauan Santorini, sekitar 120 mil (200 km) tenggara Yunani merupakan sisa-sia yang dulunya hanya satu pulau, sebelum salah satu letusan gunung berapi terbesar di dalam kehidupan manusia menghancurkannya pada Zaman Perunggu antara 1630 SM hingga 1550 SM.

Spekulasi berlimpah ruah apakah letusan Santorini menginspirasi legenda Atlantis, yang kata Plato tenggelam di laut. Meskipun cerita itu sering dianggap hanya sebagai sebuah legenda, tapi letusan kemungkinan telah melahirkan cerita mengenai kerajaan dengan peradaban Minoan yang pernah mendominasi Mediterania.

Dugaan utama yang merusak peradaban Minoan adalah tsunami raksasa yang dipicu oleh letusan. Namun efek yang tepat dari letusan serta munculnya gelombang pembunuh itu masih menjadi misteri selama beberapa dekade.

Sekarang para ilmuwan telah menemukan tsunami yang cukup kuat untuk melaju sejauh 600 mil (1.000 km) dari Santorini untuk mencapai pantai timur terjauh dari Mediterania, dan meninggalkan lapisan puing dengan tebal lebih dari satu kaki di pantai Israel.

Peneliti menggali hingga 65 kaki (20 meter) di pantai Caesarea di Israel untuk mengumpulkan tabung sedimen, sepanjang lebih dari 6 kaki (2 meter) dari dasar laut.

Peneliti Beverly Goodman, seorang ahli geologi kelautan dari Institut Interuniversity untuk Ilmu Kelautan di Eilat Israel mengatakan, dalam inti itu mereka menemukan bukti hingga hampir 16 inci sedimen kasar, tentang tanggal letusan Santorini.

Berbagai ukuran dari partikel-partikel itu menunjukkan deposit itu mungkin disebabkan oleh tsunami pada masa itu. Penemuan ini lebih tidak sengaja, catat Goodman. Mereka sebenarnya meneliti matinya pelabuhan Caesarea kuno yang masih menjadi perdebatan, disebabkan oleh apa apa, termasuk kemungkinan gempa bumi dan tsunami.

“Aku sedang menguji sisa-sisa tsunami Romawi dan Bizantium dengan mempelajari berbagai ukuran butir pasir, kerikil, batu, potongan keramik – dalam sisa-sisa itu. Aku tidak menduga bahwa sisa-sisa dari peristiwa Santorini akan terdapat dalam inti itu”.[ito]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: