Oleh: rioardi | Oktober 11, 2009

BMKG ralat gempa Sumbar 7,9 SR

WASPADA ONLINE

PADANG – Gempa dahsyat yang mengguncang Sumatera Barat 30 September silam masih menyisakan duka bagi banyak kalangan. Selidik punya selidik, rupanya gempa tersebut berkekuatan 7,9 pada Skala Richter bukan 7,6 SR yang telah diberitakan selama ini.

“Sesaat setelah gempa itu terjadi, The United States Geological Survey (USGS) merilis bahwa gempa Sumbar berkekuatan 7,9 SR,” kata koordinator Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar M Taufik Gunawan di Media Center Satkorlak Penanggulangan Bencana Sumbar di Jalan Sudirman, Padang, tadi malam.

Ia mengatakan sesaat setelah gempa tersebut terjadi peralatan di BMKG Sumbar mencatat kekuatannya 7,6 SR.

Namun, setelah adanya updating dan bertambahnya data-data yang masuk, disimpulkan gempa itu kekuatannya 7,9 SR. Meski demikian, Taufik membantah isu-isu yang berkembang di masyarakat yang menyebutkan akan terjadi gempa susulan berkekuatan besar di Sumbar.

“Isu-isu yang tidak bertanggung jawab itu membuat resah masyarakat. Isu itu tidak benar, dan masyarakat jangan terpancing dengan isu seperti itu,” tegasnya.

Apalagi, lanjut dia, isu yang berkembang di masyarakat tersebut secara detail menyebutkan kekuatan gempa, dan waktu terjadinya gempa. Bahkan, ada isu pula yang beredar yang menyebut akan terjadi gempa besar karena ada percobaan nuklir.

“Itu semua tidak mungkin, karena sampai sekarang belum ada alat yang bisa memprediksi kapan sebuah gempa akan terjadi. Apabila ada, kemungkinan hal itu akan sangat sulit dilakukan,” tandas Taufik.

Ia mengatakan pulau Sumatra memang sangat rawan terjadi gempa. Hal ini dikarenakan di kawasan ini terdapat pertemuan dua lempeng di lautan dan adanya patahan di daratan. Menurutnya, kapan sebuah gempa akan terjadi, dan berapa kekuatannya, sampai saat ini belum ada alat yang mampu memprediksi gempa tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: