Oleh: rioardi | Oktober 9, 2009

Ditemukan, Jejak Dinosaurus Terbesar

6INILAH.COM, Jakarta- Pemburu fosil amatir Prancis menemukan jejak kaki dinosaurus terbesar di dunia. Jejak itu milik sepupu dari Diplodocus.

Sidik jari kolosal yang ditinggalkan oleh Sauropod raksasa itu beratnya mencapai 50 ton, ditemukan di sebuah desa kecil Prancis di dataran tinggi Jura Plagne, sebelah tenggara kota Lyon.

Kawah herbivora raksasa itu meninggalkan jejak sebesar ratusan meter. Jejak itu ditemukan bulan April, tapi baru disahkan beberapa waktu yang lalu oleh palaeontologis dari National Centre for Scientific Research (CNRS).

“Menurut pemeriksaan pendahuluan para peneliti, jejak-jejak yang muncul mungkin yang terbesar sejauh ini,” kata CNRS.

Michel Mazin, seorang peneliti CNRS mengatakan jejak kaki itu melingkar, meninggalkan depresi dalam sedimen berkapur yang diperkirakan berasal dari periode Upper Jurassic, sekitar 150 juta tahun yang lalu. Saat itu kawasan tersebut ditutupi oleh laut dangkal yang hangat.

“Cetakan tersebut sangat besar, mencapai lebar 1,2 hingga 1,5 meter, sesuai dengan perkiran ukuran hewan yang memiliki berat 30 hingga 40 ton, serta berukuran panjang lebih dari 25 meter,” kata CNRS.

Para peneliti percaya akan ada banyak jejak kaki lain yang tersebar di areal hampir seluas 25 hektar dan akan memakan waktu lama untuk pencarian yang benar.[ito]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: