Oleh: rioardi | Oktober 9, 2009

Ditemukan, Cincin Hantu Saturnus

4INILAH.COM, Jakarta- Para astronom telah menemukan cincin Saturnus baru yang sangat besar dan menyebar serta terletak jauh melampaui sisa lingkaran planet. Para peneliti mengatakan cincin baru itu terdiri dari puing-puing bekas tabrakan yang dikeluarkan dari bulan Saturnus Phoebe.

Penemuan baru ini juga memecahkan teka-teki tentang penampakan bulan bermuka dua Saturnus, Iapetus yang salah satu sisinya sangat gelap.

Cincin tersebut menjadi cincin terbesar yang ada di tata surya, dengan lingkar dalam sebesar 3,7 juta mil dan lingkar luar sebesar 7,4 juta mil.

Diameternya setara dengan 300 planet Saturn yang berbaris dari satu sisi ke sisi lainnya. Dan seluruh volumenya dapat menyimpan satu miliar bumi. “Ini adalah salah satu cincin super besar,”kata Anne Verbiscer, salah satu penulis dari studi yang dipublikasikan dalam Nature.

Cincin memiliki kemiringan orbit yang sama seperti bulan ke duanya Phoebe yaitu, pada sudut 27 derajat dari cincin utama Saturnus. Ini tentu menjadi salah satu faktor yang mendukung teori, bahwa Phoebe mengeluarkan debu cincin.

Penemuan ini akan memecahkan misteri yang telah berlangsung lama tentang ilmu planet yaitu mengapa berbentuk kenari Iapetus memiliki dua warna kulit, dengan satu sisi bulan secara signifikan lebih gelap dari yang lain.

“Ini dasarnya tabrakan. Partikel-partikel memukul Iapetus seperti serangga di kaca depan,” kata Verbiscer.

Studi tentang materi gelap Iapetus telah menunjukkan bahwa komposisinya mirip dengan permukaan Phoebe.[ito]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: