Oleh: rioardi | Oktober 8, 2009

Jumat NASA Tabrak Bulan

4INILAH.COM, Jakarta- NASA telah memilih tujuan akhir untuk menabrakkan LCROSS di bulan yaitu di kawah Cabeus A dekat kutub selatan pada hari Jumat (9/10).

Mengapa NASA menabrakan satelitnya ke bulan dengan kecepatan tinggi dan mengapa di wilayah itu? alasan sebenarnya tidak akan diketahui. Namun versi resminya, NASA akan mencari bukti air di bulan.

Selama jutaan hingga miliaran tahun, banyak komet menghantam bulan. Air dari komet ini menyentuh permukaan dan perlahan hilang.

Tapi jika ada yang mengendap di dasar kawah dekat kutub bulan, daerah yang gelap permanen itu dapat bertindak sebagai kulkas dan menjaga air dari hilang.

Air dapat terkunci menjadi es untuk waktu yang sangat lama sekali. Beberapa perkiraan mengindikasikan adanya miliaran ton es dekat kutub selatan. Mendeteksi itu adalah sangatlah sulit. Hasil radar tidak dapat disimpulkan.

Dengan menabrakan sebuah satelit, setiap es yang terletak di lokasi akan meloncat di atas permukaan bulan, di mana sinar matahari akan memecah molekul menjadi O+ dan OH-, yang dapat dideteksi.

Pemilihan Cabeus A untuk lokasi tabrakan adalah pilihan yang baik. Jaraknya yang dekat dengan kutub selatan,memungkinkan ada es di bawah permukaannya. Posisinya cukup terlihat, sehingga orang di bumi dapat mengamati hal itu.(ito)


Responses

  1. kawus ,sukur, modar

  2. Yg ora ora bae…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: