Oleh: rioardi | Juli 11, 2009

Kapan Manusia Mulai Makan Ikan?

2INILAH.COM, Jakarta – Penelitian menunjukkan konsumsi ikan membantu manusia memiliki otak lebih besar. Lalu kapan manusia mulai mengkonsumsi ikan?.

Penelitian baru menunjukkan, manusia mulai memakan ikan pada 40.000 tahun lalu. Untuk mencapai kesimpulan itu, ilmuwan menganalisa senyawa kimia dari kolagen protein di tengkorak manusia kuno, dari Gua Tianyuan dekat Beijing.

Menangkap ikan pada zaman itu merupakan pekerjaan berat. Hal itu terlihat dari fosil yang menunjukkan manusia belum menggunakan perangkat yang memadai, hingga 50.000 tahun lalu.

“Analisis ini menyediakan bukti langsung pertama konsumsi makanan yang hidup di air dan implikasi pada demografi dan daya hidup manusia purba,” kata Michael P Richards dari Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.

Peneliti lain berpendapat konsumsi ikan membantu manusia memiliki otak lebih besar. Meskipun asupan protein dari binatang darat sekitar 2 juta tahun lalu sebagai faktor yang juga penting.

Perpindahan makan ikan disebabkan oleh populasi yang bertambah saat manusia modern mulai muncul di seluruh Eurasia. Penemuan itu dilaporkan secara mendetail di journal Proceedings of the National Academy of Sciences.[ito]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: