Oleh: rioardi | Juli 1, 2009

AS Tutupi Adanya Uranium di Bulan?

1INILAH.COM, Jakarta – Wahana ruang angkasa Jepang mendapatkan Uranium di bulan. Penemuan itu merupakan bukti pertama adanya elemen radioaktif di bulan, yang selama ini tidak pernah diungkapkan.

Pengumuman atas penemuan itu dilakukan di 40th Lunar and Planetary Conference dan Proceedings of the International Workshop Advances di Cosmic Ray Science.

Penemuan itu menjadikan peluang membuat pembangkit nuklir di bulan. Atau satelit memanen uranium yang dibutuhkan di bumi.

Wahana Kaguya Jepang yang diluncurkan pada 2007, mendeteksi uranium dengan spectrometer sinar gamma. Ilmuwan menggunakan instrumen untuk membuat peta komposisi permukaan bulan yang terdiri dari thorium, potassium, oksigen, magnesium, silikon, kalsium, titanium dan besi.

“Kami telah menemukan uranium yang tidak pernah dilaporkan sebelumnya,” kata Robert Reedy, ilmuwan senior di Planetary Science Institute dan anggota ilmuwan Kaguya.

Penemuan itu bisa membantu memutuskan dimana membuat koloni di bulan, dimana tempat tinggal itu memerlukan energi, dan bisa dihasilkan dari pembangkit nuklir. Selain itu karena persediaan uranium di bumi sulit ditemukan, menambang uranium di bulan untuk memenuhi kebutuhan di bumi akan sangat menjanjikan.[ito]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: