Oleh: rioardi | Mei 10, 2009

Inilah Nenek Moyang Manusia

Ilmuwan menemukan, semua ras yang di ada di bumi adalah berasal dari satu suku yang selamat di sekitar Laut Merah 70.000 tahun lalu. Suku itu awalnya hanya terdiri dari 200 orang.

Penelitian genetik dan arkeologi berhasil menjejak asal mansia modern Homo sapiens ternyata berasal dari satu kelompok di wilayah Tanduk Afrika hingga Arab. Dari wilayah itu. manusia kemudian mendiami seluruh permukaan bumi.

Analisis genetik manusia modern yang mendiami Eropa, Asia, Australia, Amerika Utara dan selatan mendapati mereka juga merupakan keturunan dari nenek moyang dari wilayah itu.

Diperkirakan perubahan iklim antara 90.000 hingga 70.000 tahun lalu menyebabkan permukaan laut turun secara drastis. Akibatnya suku itu lebih mudah menyeberangi Lautan Merah.

Penemuan itu akan diungkapkan dalam dua dokumentasi BBC, The Incredible Human Journey yang menjejak asal manusia.

Dr Peter Forster dari Anglia Ruskin University di Cambridge yang melakukan tes genetika mengatakan asal populasi hanya kecil. “Kita berbicara hanya beberapa ratus manusia,” katanya.

Homo sapiens yang diketahui sebagai nenek moyang manusia modern muncul sekitar 195.000 tahun lalu di Afrika Timur. Bagian yang tersisa dari zaman itu ditemukan di Ethiopia.

Diperkirakan pada 150.000 tahun lalu, manusia modern awal ini telah menyebar ke seluruh bagian Afrika dan sisa fosil ditemukan di Cape of Good Hope di Afrika Selatan.

Sisa homo sapien paling tua di luar Afrika ditemukan di Israel 100.000 tahun lalu.

Diperkiraan ini kelompok yang meninggalkan Afrika melewati gurun Sahara, saat iklim menyediakan sumber makanan yang cukup. Namun penyebaran itu gagal dan polusi musnah, saat iklim berubah menjadi kering kembali.

inilah.com


Responses

  1. Reblogged this on iwanb86.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: