Oleh: rioardi | Mei 2, 2009

Waduh, Ada Mummi Bentuk Anjing

INILAH.COM, Pennyslvania – Jarang ada mummi yang ditemukan terkubur bersama hewan peliharaannya. Tak heran ilmuwan di University of Pennsylvania sangat gembira dengan hasil temuannya.

Ilmuwan dari University of Pennsylvania menemukan mummi anak anjing yang diletakkan di kaki majikannya. Mereka memberinya nama ‘Hapi-Puppy’ karena ditemukan bersama mummi yang di makamnya terdapat inskripsi ‘Hapi-Men’.

Seperti dilansir Discovery News, Jumat (1/5), mummi anak anjing diperkirakan berusia 2.300 tahun. Mummi itu termasuk salah satu mummi hewan yang cukup langka, sebab belum pernah ditemukan sebelumnya. Bangsa Mesir Kuno sering mengawetkan hewan, seperti kucing, burung, dan bahkan buaya.

“Tak seperti hewan-hewan yang biasanya dimummikan, bangsa Mesir tak memelihara anjing meski ada dewa berkepala anjing seperti Anubis. Tapi bisa saja bentuk Anubis itu diambil dari jackal, bukan anjing,” ujar periset peninggalan Mesir, Jennifer Wegner.

“Dalam kasus ini, terlihat bahwa Hapi-Men ingin dimakamkan bersama hewan peliharaan kesayangannya,” imbuhnya.

Anjing itu memiliki kaki seperti yang dimiliki jenis Jack Russell. Kepalanya panjang dan memiliki jari-jari kaki yang terpisah. Wegner mengatakan bangsa Mesir Kuno biasanya memelihara dua jenis anjing, greyhound dan sebangsa corgi.

“Ada bukti sejarah bangsa Mesir kuno juga mengikat anjing mereka. Peliharaan itu suka duduk dekat kursi atau di bawah majikan masing-masing. Orang pada zaman itu senang berhubungan dengan anjing, tak terkecuali ‘Hapi-Men’,” pungkas Wegner. [vin]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: