Oleh: rioardi | April 29, 2009

Awas, Botol Minuman Berbahaya

INILAH.COM,Jakarta-Botol minuman kemasan selama ini dinilai aman bagi kesehatan manusia. Namun bukti baru menunjukkan, plastik botol minuman bisa menghasilkan zat kimia yang bersinggungan dengan zat ekstrogen.

Ilmuwan di Jerman menemukan plastik PET yang biasa digunakan sebagai bahan botol minuman kemasan bisa menghasilkan zat kimia yang bercampur ke dalam air.

“Terlalu cepat untuk mengatakan minuman kemasan dalam botol plastik PET berbahaya bagi kesehatan manusia,” kata kepala peneliti Martin Wagner, di Goethe University di Frankfurt.

Namun ada kemungkinan bahan kimia tertentu di dalam plastik berpotensi bersinggungan dengan estrogen serta hormon reproduksi lain .

“Apa yang kami dapatkan sungguh mengejutkan. Jika Anda minum air dari botol kemasan maka kemungkinan besar akan meminum senyawa estrogenik,” kata Wagner.

Penelitian itu menambah kekhawatiran terhadap produk yang menggunakan plastik.

“Ini waktu yang tepat karena penggunaan botol untuk minuman mendapat sorotan karena menghasilkan karbon. Apalagi dengan ditambah permasalahan itu,” kata Shanna Swan, epidemiologist di University of Rochester School of Medicine and Dentistry di New York.

Wagner dan koleganya menggunakan jamur yang sudah direkayasa secara genetik untuk menganalisa dua puluh contoh minuman dalam kemasan. Sembilan sample menggunakan botol gelas, 9 botol plastik PET dan dua kotak seperti kotak jus.

Jamur ternyata berubah warna yang menunjukkan senyawa estrogen di tujuh dari sembilan botol plastik. Sementara dengan menggunakan gelas hanya tiga. Wagner mengatakan hasil itu menunjukkan sangat tinggi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: