Oleh: rioardi | April 28, 2009

Angkut Sampah Luar Angkasa, Ilmuwan Ciptakan Aerobrake

bumiLONDON – Sampah di luar angkasa tak hanya mengganggu dan mengotori. Seperti halnya di Bumi, jika sampah terus menerus dibiarkan hingga bertumpuk menjadi skala besar bisa membahayakan lingkungan luar angkasa.

Dalam 54 kali misi penerbangan tercatat bahwa sampah antariksa dan meteoroid menabrak jendela pesawat hingga 1.634 kali sehingga mengharuskan 92 kali melakukan penggantian kaca jendela. Pernah juga terjadi 317 kali benturan terhadap radiator pesawat sehingga mengharuskan 53 kali penggantian, demikian yang dilansir dari Gizmag.com, Selasa (28/4/2009).

Oleh karenanya dua ilmuwan Eropa, Max Cerf dan Brice Santerre berniat membersihkan sampah luar angkasa dengan menciptakan alat pengangkut sampah angkasa bernama aerobrake.

Aerobrake adalah sebuah layar besar yang digunakan untuk mengumpulkan sampah angkasa dan membawanya pulang kembali ke bumi.

Benda ini menyaring dan mengumpulkan sampah luar angkasa yang mengitari bumi. Cara kerja aerobrake adalah dengan menimbulkan gesekan dengan lapisan atmosfir. terjadinya gesekan tersebut nantinya akan membakar habis sampah yang terjaring hingga 25 tahun.

Aerobrake kini sedang dalam pengembangan tahap akhir dan akan diluncurkan dalam misi Ariane 5. Luas layar adalah 350 meter persegi dan memiliki tiang berbahan polimer dan alumunium berisi gas nitrogen dengan panjang 12 meter.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: