Oleh: rioardi | April 20, 2009

Simpanse Menukar ‘Cinta’ dengan Sepotong Daging

simpansePANTAI GADING–MI: Pernahkah Anda mentraktir teman kencan Anda di sebuah restoran mahal untuk menarik perhatian dan cintanya. Jurus ini ternyata juga berlaku bagi Simpanse di alam liar.

Para peneliti yang selama 22 bulan mempelajari sekumpulan simpanse liar di Pantai Gading, sebuah negara di Afrika Barat, menemukan bahwa simpanse jantan akan memberi daging kepada simpanse betina agar bisa melakukan kopulasi (perkawinan) dan berhubungan secara sosial dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Dari riset yang dilakukan, kami sangat yakin bahwa para simpanse jantan memberi daging untuk perkawinan. Bahkan mereka melakukan hal tersebut dalam jangka waktu lama. Simpanse jantan yang memberi daging kepada pasangannya mendapatkan kemungkinan kesuksesan perkawinan mereka dua kali lipat dengan pasangannya tersebut,” ujar Cristina Gomes, peneliti dari kelompok Max Planck Institute for Evollutionary Anthropology yang baru saja menyelesaikan penelitian tersebut di pekan ini.

Bagi simpanse betina, menukar ‘cinta’ dengan sepotong daging cukup setimpal. Pasalnya, simpanse betina memang sedikit kesulitan mendapatkan daging buruan, apalagi untuk melakukan perburuan membuat kalori tubuh mereka cepat habis.

“Dengan pemberian dari si jantan, simpanse betina tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan menghindari risiko tertangkap oleh para pemburu,” tambah Gomes yang menjadi pimpinan dalam penelitian tersebut.

Tak hanya bagi pasangannya, simpanse jantan juga tak segan-segan membagi daging yang mereka miliki kepada simpanse betina manapun yang menurut mereka menarik secara seksual.

Hal ini terjadi karena simpanse jantan cenderung memiliki nafsu ‘bercinta’ lebih besar ketimbang simpanse betina. Bahkan untuk meredam emosi akibat perkelahian sesama jantan, simpanse jantan tidak segan-segan untuk melampiaskan ‘nafsunya’ kepada si betina


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: