Oleh: rioardi | April 19, 2009

Tertawa, Obat Sangat Ampuh

INILAH.COM, Jakarta – Tidak ada yang berani mengatakan tertawa adalah obat yang paling ampuh. Tapi penelitian terbaru pada pasien yang diberikan humor selama setahun, mengalami perbaikan kesehatan.

Peneliti memisahkan 20 patien diabetes resiko tinggi memiliki tekanan darah tinggi dan hyperlipidemia (resiko berpenyakit jantung) dalam dua kelompok.

Kedua kelompok diberikan obat diabates standar. Kelompok L menonton acara humor selamna 30 menit, sementara kelompok C, sebagai pengontrol tidak diberikan humor. Kelompok itu mendapat pengobatan selama setahun.

Selama dua bulan, pasien yang sering tertawa (L) memiliki tingkat hormon epinephrine dan norepinephrine lebih rendah. Keduanya diukur tingkat stresnya yang merupakan faktor yang sangat mematikan.

Setelah 12 bulan, kolesterol HDL (yang baik) naik 26% di kelompok L, namun hanya 3% di kelompok C. Sedangkan pengukuran protein C-reactive sebagai tanda penyakit kardiovaskular turun 66% di kelompok tertawa, sedangkan kelompok satunya hanya 26%.[ito]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: