Oleh: rioardi | April 18, 2009

Racun Gurita Dapat Dijadikan Obat

guritaMELBOURNE – Hasil penelitian terbaru yang dikemukakan oleh ilmuwan menyatakan, semua jenis gurita dan cumi-cumi beracun. Yang menarik, racun yang dihasilkan gurita dan cumi-cumi ini rupanya sedang dikembangkan untuk produk obat-obatan.

“Racun dalam tubuh gurita merupakan racun protein yang berfungsi khusus melumpuhkan sistem syaraf,” ujar Bryan Fry dari University of Melbourne, seperti yang dilansir dari Live Science, Jumat (17/4/2009).

Menurutnya, dengan memahami struktur dan bentuk protein racun, mereka berharap dapat menciptakan obat penghilang rasa sakit, alergi, serta kanker.

Sebelumnya, jenis hewan lain pun pernah diuji sebagai dasar pengembangan obat-obatan. Jenis cephalopods seperti gurita, cumi-cumi, dan sotong menghasilkan racun yang diklasifikasikan sebagai kelompok zat yang unik.

Saat ini tim peneliti berupaya memahami berbagai jenis perbedaan hewan beracun yang memiliki komposisi racun protein. Secara fisik dan kimia mereka dikelompokkan ke dalam jenis hewan yang potensial untuk dikembangkan menjadi bahan obat.

“Penelitian ini tidak hanya untuk memahami bagaimana hewan-hewan tersebut menghasilkan racun sebagai alat untuk melindungi diri. Tetapi kami pun berharap dapat mengembangkan jenis hewan ini untuk pengembangan produk obat-obatan,”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: