Oleh: rioardi | April 15, 2009

Bunga Raflesia Mekar di Taman Nasional Meru Betiri

rafflesiacantleyi10KOMPAS.com — Bunga bangkai berukuran kecil, Rafflesia zollingeriana, yang merupakan salah satu bunga yang tumbuh dan hanya bisa ditemui di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), mekar. Namun, bunga tersebut terancam layu karena perubahan musim yang tidak stabil.

“Biasanya kuncup bunga raflesia mekar pada bulan April hingga Juli,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNMB, Sumarsono, Selasa.

Menurut dia, bunga raflesia memerlukan cahaya yang cukup sehingga musim hujan yang belum usai juga berganti ke musim panas mengancam perkembangannya.

“Turunnya hujan akan mengakibatkan kuncup akan rontok dan membusuk sehingga bunga raflesia akan layu sebelum mekar,” katanya.

Ia mengemukakan, bunga Rafflesia zollingeriana hanya tumbuh endemik di kawasan TNMB. Ada tiga lokasi tumbuhnya bunga raflesia, yakni Blok Pantai Barat Sukamade, Pantai Rajegwesi di wilayah Seksi Pengolahan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Sarongan (Banyuwangi), dan Blok Krecek (Jalur Andongrejo-Bandealit) pada SPTN Wilayah II Ambulu (Jember).

“Petugas TNMB menjaga dengan baik agar bunga bangkai itu tidak diambil orang karena merupakan bunga langka,” katanya.

Ia menjelaskan, bunga raflesia yang mekar sempurna berdiameter 20 hingga 26 sentimeter dan berwarna merah kecoklatan dengan bintik putih.

“Masa mekarnya tidak terlalu lama, maksimal satu minggu. Jika musim hujan seperti saat ini paling lama hanya 4 hari saja,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, beberapa perambah hutan berusaha mencuri bunga raflesia karena dipercaya sebagai obat khusus kewanitaan dan dijual kepada peracik jamu.

“Jumlah bunga raflesia tiap tahun selalu berkurang sehingga semakin terancam punah,” katanya.

Ia berharap, warga sekitar hutan ikut memelihara bunga langka yang ada di kawasan TNMB itu sehingga populasi bunga tersebut tetap terpelihara dan tidak punah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: