Oleh: rioardi | April 15, 2009

Ada Caleg Gantung Diri (Daripada Jatuh Miskin)

tasik-caleg bunuh diriSri Wahyuni, caleg dari PKB tewas gantung diri di dangau tengah sawah.
CIAMIS-SUDAH tak terhitung kasus Caleg (calon legislatif) yang mengalami depresi karena mendapat suara tidak signifikan di Pemilu 2009. Bahkan, seorang Caleg dari PKB, nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

Sri Wahyuni, Caleg stress dan nekat itu, menjerat lehernya dengan selendang dan akhirnya tewas di sebuah pondok di areal persawahan Dusun Cibarogol, Desa Bangun Jaya, Kecamatan Langkap Lancar, Kabupaten Ciamis, Senin (13/4). Jenazah Caleg nomor urut 8 untuk DPRD Kota Banjar itu ditemukan Toto Suharyanto, pemilik pondok.

Menurut Sukardi, saksi mata, sebelum ditemukan tewas, Senin dinihari, ia sempat menegur Wahyuni ketika diketahui berjalan menyusuri jalan kampung Cibarogol sendiri. Namun Wahyuni tidak menghiraukan teguran warga setempat.

Dugaan sementara, kasus tersebut murni gantung diri, karena dari hasil olah TKP tidak ditemukan bukti kekerasan fisik di tubuh Wahyuni. Ia diperkirakan mengalami depresi karena telah mengeluarkan banyak biaya demi pencalegan. Untuk proses lebih lanjut polisi membawa jasadnya ke rumah sakit guna diotopsi.

Cabut Tiang Listrik

Jelang Pemilu, seorang Caleg tak jarang memberi bantuan fasilitas umum. Namun, saat suaranya ternyata tidak memadai, banyak yang mengambil balik bantuan yang telah diberikannya. Seorang caleg di Riau mencabut kembali tiang listrik yang telah diberikannya sebagai bantuan kepada rakyat.

Hal itu dilakukan seorang Caleg dari Partai Golkar, di Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai. Ia membongkar kembali tiang listrik bantuannya untuk masyarakat.

“Ada lima tiang listrik yang dicabut karena perolehan suara Pak Aswin di daerah kami sangat rendah. Ini sangat mengecewakan kami,” kata salah seorang Tim Sukses Caleg Golkar tersebut, Ade, kemarin (14/4).

Caleg Stres Serbu Karaoke

Meski penghitungan suara belum kelar, namun sejumlah Caleg sudah putus asa karena perolehan suaranya tidak signifikan. Untuk menghibur diri, tidak sedikit dari mereka yang mendatangi tempat karaoke untuk bernyanyi.

“Sejak Pemilu usai, jumlah pengunjung di tempat karaoke ini terus meningkat. Yang datang banyak di antaranya para Caleg,” kata GD, salah satu pengunjung Devi’s cafe Jombang, kemarin (14/4).

Hanya saja, GD tak berani menyebut siapa para Caleg tersebut. Ia beralasan, jika hal itu dikatakan maka sama halnya dengan merusak privasi seseorang. Ditambahkannya, dari pembicaraan yang ia dengar, banyak para Caleg mengeluh karena gagal merebut kursi dewan.

Hal yang sama juga terjadi di tempat karaoke lainnya, Pondok Ijo cafe. Dari pengakuan salah satu pelanggan, banyak Caleg yang berbondong-bondong mencari hiburan. Kebanyakan dari mereka adalah Caleg gagal dalam Pemilu. AS, salah satu pengunjung, mengetahui hampir setiap malam menjumpai sejumlah Caleg yang sedang asyik berkaraoke.

Jadi Miskin dan Mengemis

Seorang lagi Caleg dari daerah pemilihan Tangerang, kawasan perumahan elit Alam Sutera Kunciran, stres dan marah-marah karena kalah dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu.

Sekitar pukul 17.00 Wib saat penghitungan suara dilakukan, seorang pria (40) yang merupakan Caleg dari partai tertentu, terlihat frustasi saat mengatahui kalah dalam perolehan suara.

Dia merangkak di pinggir jalan dengan membawa-bawa cangkir sambil meminta-minta uang kepada orang yang berlalu lalang. “Kembalikan uang saya,” kata Caleg itu.

“Ia diketahui kalah dalam perolehan suara, namanya ada di daftar pemilih tapi kalah dalam pemilihan,” kata salah seorang petugas KPPS Tedi.

Tedi mengatakan, Caleg ini mengalami stres yang berlebihan, hingga mengalami depresi. Sebab tingkah lakunya sudah seperti orang gila, dengan rambut yang masih klimis, dan hanya mengenakan celana pendek, bahkan menjadi bahan ejek anak-anak. (int)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: