Oleh: rioardi | April 14, 2009

Lima Rahasia Tidur

Manusia bisa mati jika tidak tidur. Tidur dibutuhkan untuk mengembalikan proses biologi yang vital, serta menanamkan ingatan. Lalu tidur seperti apa yang sehat?

Hal yang mendasar untuk mendapatkan tidur yang sehat adalah pergi tidur di jam sama setiap harinya. Selain itu perlu memenuhi aturan emas, tidur selama tujuh jam. Termasuk makanan berat, kafein dan alkohol juga harus dihindari empat hingga enam jam sebelum tidur.

Cahaya yang temaram serta suasa tenang, juga meningkatkan kualitas tidur. Selain itu tempat tidur hanya untuk tidur dan aktifitas seks, dan tidak boleh untuk menonton TV, membaca atau makan makan kecil.

Tidur binatang beraneka macam. Kolaka yang malas, bisa tidur 9,6 jam dalam satu malam. Sedangkan lumba-lumba yang baru lahir, serta paus pembunuh, bisa tidur dalam satu bulan penuh. Namun tidur terlalu panjang tidak disarankan pada manusia.

Tapi jika tidak tidur dalam satu hari saja, manusia bisa hilang kemampuan untuk fokus dan membuat keputusan. Hal itu bisa menyebabkan kecelakan serius.

Tidur sebentar-bentar juga baik dilakukan, jika dibandingakan dengan tidur secara terus menerus. Tidur polyphasic ini, seperti bayi atau manula. Thomas A Edison juga dilaporkan melakukan tidur seperti ini.

Yang terbaik adalah harus tidur secara sehat di malam hari dan tidur siang beberapa saat. Penelitian menunjukkan manusia adalah biphasic yang kehilangan rasa terjaga dua kali, di malam hari dan siang hari. Oleh karena itu NASA membuat ruang tidur siang khusus untuk anggota misi Phoenix.

Manusia bisa mati jika tidak tidur. Detail mengenai hal itu agak rumit, tapi peneliti menyarankan tidur dibutuhkan untuk mengembalikan proses biologi yang vital serta menanamkan ingatan. World Health Organization tahun lalu mengingatkan, orang yang bekerja di malam hari dan mengalami masalah tidur bisa berbahaya.

Selain itu kebutuhan tidur pada manusia makin berkurang, jika umur bertambah. Sebagian besar manusia juga tidak sadar telah mengalami kurang tidur. Lembaga National Sleep Foundation yang mengambil dana dari industri obat tidur mengatakan rata-rata orang Amerika tidur 7 jam sehari. Dan hala itu masih kurang cukup. Namun penelitian oleh University of Maryland mendapati, tidur selama delapan jam sudah cukup. Hal itu sama seperti masa 40 tahun lalu


Responses

  1. bagaimana dengan orang tidur selama 309 tahun di jbok.wordpress.com ?????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: