Oleh: rioardi | April 14, 2009

Facebook Jadikan Mahasiswa Jeblok

fbookjakarta – Menggunakan Facebook memang bermanfaat, tapi setidaknya harus tahu waktu. Sebuah penelitian terbaru mendapati, Facebook memberikan dampak buruk pada mahasiswa.

Penelitian di AS menunjukkan, mahasiswa yang kecanduan terus menambah jumlah teman di Facebook sebanyak-banyaknya, menyebabkan prestasi akademiknya turun.

“Penelitian kami menunjukkan, mahasiswa yang sering menggunakan Facebook, waktunya jadi berkurang untuk belajar,” kata Aryn Karpinski, peneliti di jurusan pendidikan Ohio State University AS.

“Setiap generasi memiliki masalahnya sendiri, tetapi Facebook menjadi fenomena sendiri pada saat sekarang,” tambahnya.

Karpinski melakukan penelitian pada 219 mahasiswa di Ohio State University tingkat sarjana dan pasca sarjana. Ia memberikan kuisoner seputar tingkat belajar dan aktivitas internet terutama kebiasan menggunakan Facebook.

Mereka mendapati 68% mahasiswa yang menggunakan Facebook secara signifikan memiliki IPK lebih rendah dibandingkan yang tidak mau terlibat menggunakan situs itu.

Bukannya mematikan komputer untuk belajar, tapi mahasiswa melakukan hal yang lebih aneh. Mereka malah membuka kelompok di Facebook mendiskusikan mengapa situs itu menyebabkan prestasi akademiknya jelek.

Sebuah kelompok mahasiswa di Australia membentuk kelompok bernama “Aku akan menggugat Facebook jika aku gagal kuliah”. Grup ini hampir memiliki 1000 anggota

inilah.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: