Oleh: rioardi | April 14, 2009

Baru 17 Tahun Sudah Jadi Bajak Laut

bajak-laut KOMPAS.com — Menteri Pertahanan AS Robert Gates, Senin, mengatakan, tiga perompak Somalia yang tewas oleh Angkatan Laut AS dalam upaya mengakhiri krisis sandera adalah remaja “yang tak terlatih”.

Saat berpidato di Marine Corps War College di Quantico, Virginia, Robert Gates mengatakan, bajak laut yang tewas berusia antara 17 dan 19 tahun, memiliki senjata berat tapi tak berpengalaman.

Mereka tertembak hingga tewas di akhir pertikaian selama lima hari dengan militer AS, setelah menyerang kapal barang yang berbendera AS sekitar 400 kilometer dari Somalia dan menyandera kapten berkebangsaan Amerika.

“Selama Anda menghadapi sangat banyak orang miskin dan risikonya relatif kecil, pendapat saya benar-benar tak mungkin untuk memantaunya kecuali Anda mempunyai sesuatu di darat yang mulai mengubah persamaan semua anak ini,” kata Gates kepada mahasiswa dan staf fakultas.

Ia juga menyatakan bahwa tak ada penyelesaian militer murni bagi aksi perompakan di wilayah tersebut.

Sementara itu, Angkatan Laut AS mendesak sektor industri pelayaran di negeri tersebut agar memperkuat keamanan kapal mereka dengan menempatkan lebih banyak penjaga bersenjata dan melakukan lebih banyak tindakan pencegahan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: