Oleh: rioardi | April 12, 2009

Sup Ayam Kurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi

WASHINGTON – Aroma sup ayam yang nikmat tentunya mampu menggugah selera para penggemar sup. Apalagi jika sup tersebut disantap dalam keadaan hangat. Tahukah Anda? selain nikmat, sup ayam pun memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan.

Dilansir melalui Times of India, Minggu (12/4/2009), peneliti Jepang Ai Saiga dan koleganya menemukan keutamaan ini pada makanan tradisional kaum Yahudi yaitu Matzoh Soup, semangkok sup khas dengan bakso ayam yang dikeringkan. Konon, sup ini berkhasiat menurunkan tekanan darah.

Hal ini senada dengan penelitian sebelumnya. Pada studi terdahulu, ilmuwan Jepang menemukan bahwa dada ayam mengandung banyak protein kolagen yang memiliki efek sama dengan penghambat ACE sehingga dapat digunakan dalam mengobati tekanan darah tinggi.

Namun begitu, sejumlah kecil protein dalam dada ayam tidak dapat dikembangkan dalam produk makanan dan obat-obatan untuk mengobati penyakit ini.

Sementara itu, kaki dan ceker ayam yang biasanya tidak terpakai dalam masakan ternyata juga memiliki khasiat yang sama jika diolah dalam bentuk sup.

Dalam penelitian ini Saiga dan timnya mengekstraksi kolagen dari kaki ayam kemudian menguji kemampuannya sebagai penghambat ACE. Pada percobaan di lab tersebut, mereka mengidentifikasi empat protein berbeda yang terdapat pada campuran kolagen tersebut dengan aktifitas tinggi penghambat ACE.

Nyatanya, protein tersebut menghasilkan efek untuk mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dan terus menerus.

okezone.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: