Oleh: rioardi | April 11, 2009

Mengapa Gigi Ikan Drakula Bisa Tumbuh?

ikanSpesies yang baru ditemukan dan disebut ikan drakula tampaknya perlu 30 juta tahun untuk membuat ulang gigi guntingnya. Ikan ini kehilangan gigi vampirenya di awal evolusi.

Penemuan ikan air tawar kecil itu bisa menunjukkan bagaimana struktur yang hilang bisa terbentuk lagi, termasuk bagaimana evolusi bisa menyebabkan beberapa spesies bisa terlalu cepat dewasa. Ilmuwan memberi nama ikan itu danionella dracula karena gigi panjangnya yang mirip taring hiu.

“Ikan ini penemuan vertabrata paling hebat selama dekade terakhir,” kata Ralf Britz, peneliti ikan di Natural History Museum di London Inggris.

Britz menemukan ikan itu di barat daya Myanmar. Ikan transparan itu berukuran kecil dan merupakan vertabrata paling kecil.

Dari 3.700 spesies lain di kelompok Cypriniform telah kehilangan giginya sekitar 50 juta tahun lalu. Secara biologi, ikan Dracula membuat kembali giginya dari tulang taring, bukan gigi taring itu sendiri.

Ikan ini antara jantan dan betina tidak melakukan gigitan yang sama. Jantan menggunakan taring untuk mempertahankan wilayahnya. Mulut bagian bawah bahkan bisa terbuka lebar dengan sudut 45-60 derajat.[ito]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: