Oleh: rioardi | April 11, 2009

Ditemukan, Rahasia Bisa Terbang

Jakarta – Selama berabad-abad manusia dibuat takjub mengapa burung dan lebah bisa terbang. Menggunakan film kecepatan tinggi, salah satu rahasia terbang pada hewan berhasil diungkap oleh ilmuwan.

Peneliti mendapati, saat burung, kelelawar atau serangga berputar, mereka hanya mengepakkan sayap secara normal. Hal ini mengejutkan peneliti yang mengira untuk berputar dan berhenti, perlu langkah lain.

Peneliti utama Tyson L Hedrick dari University of North Carolina melaporkan penemuan itu secara lengkap di journal Science. “Kami tidak mengira seperti itu. Proses itu sama untuk semua ukuran binatang,” katanya.

Penemuan itu bisa membantu mengembangkan robot terbang. Namun penelitian itu hanya fokus pada satu manuver, berputar ke kiri atau kanan. Masih ada manuver lain yang harus dipecahkan, misalnya naik, turun atau berputar.

Bret W Tobalske ilmuwan di University of Montana menyebut penemuan itu akan memberikan informasi berharga bagi penelitian di masa datang mengenai manuver terbang pada binatang serta untuk membuat robot biometrik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: