Oleh: rioardi | April 10, 2009

Presiden Bolivia Mogok Makan

moralesSUCRE, BOLIVIA – Presiden Bolivia Evo Morales melakukan aksi mogok makan, Kamis kemarin, menuntut Kongres mengesahkan peraturan terkait pemilihan umum. Aturan itu akan memudahkan Morales menang dalam pemilu Desember mendatang.

Pekan lalu tensi politik Bolivia meningkat setelah partai berkuasa Movement Toward Socialism bertentangan dengan kubu oposisi soal undang-undang pemilu itu. Aturan itu diangap berpihak pada presiden dari kubu sayap kiri dengan mendapat tambahan suara dari wilayah pedesaan dan kalangan miskin.

Sekutu Morales mengambil kontrol majelis rendah, namun oposisi memiliki mayoritas suara di Senat. Ini memudahkan langkah oposisi untuk menghadang usulan undang-undang itu.

“Berhahapan dengan kesembronoan para anggota DPR neoliberal, tidak ada pilihan lain, kami harus melakukan langkah (mogok makan) ini. Mereka tidak akan menyetujui hukum yang menjamin implementasi konstitusi,” kata Morales seperti dikutip Reuters, Jumat (10/4/2009).

Sementara kubu opisisi mempertahankan keinginan mereka menolak proposal peraturan pemilu dari kubu Morales dalam sebuah dialog panas Rabu malam. Kubu oposisi juga menyebut Morales sebagai “totaliter”.

Hukum konstitusi yang baru memberi kekuatan dan hak lebih kepada warga pribumi dan disetujui 60 persen lebih pemilih pada Januari lalu. Morales merupakan Presiden Bolivia pertama yang pribumi.

Sementara oposisi menolak undang-undang itu karena memberi 14 suara tambahan kepada kelompok pribumi minoritas. Ini dianggap dapat menguntungkan perolehan suara Morales.


Responses

  1. jadi orang koq menyiksa diri sendiri? orang pada susah cari makan, dia malah gak mau makan? capek, deh!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: