Oleh: rioardi | April 8, 2009

“Surga Fosil” di Blora Selatan Dijaga Ketat

surga-fosilKOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mewaspadai penggalian lahan secara massal untuk menemukan fosil-fosil di kawasan Blora Selatan, terutama di Kecamatan Kradenan. Pemerintah juga bekerja sama dengan Kepolisian Sektor Kradenan untuk mengamankan lokasi dari jaringan pemburu fosil dan benda-benda bersejarah.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blora Suntoyo mengatakan hal tersebut di Blora, Senin (6/4). Pernyataan itu terkait temuan fosil gajah purba jenis Elephas dan daun purba di Dukuh Sunggun, Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, akhir Februari, serta temuan gading gajah purba pada awal Januari lalu.

Suntoyo mengatakan, pemerintah melarang masyarakat mencari fosil tanpa izin. Jika ini dilanggar, pencari melanggar Pasal 12 dan 27 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya.

“Ia (pelaku) akan terkena sanksi pidana penjara maksimal lima tahun atau denda maksimal Rp 50 juta,” katanya.

Camat Kradenan Iwan Setiyarso mengaku kesulitan mengawasi perdagangan fosil dan benda-benda bersejarah berbasis masyarakat. Pasalnya, masyarakat lebih mementingkan nilai ekonomis dibandingkan dengan nilai historis benda-benda tersebut.

Harus dilindungi

Secara terpisah, Kepala Seksi Dokumentasi Museum Geologi Bandung, Pusat Survei Geologi, Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral SR Sinung Baskoro mengatakan, kawasan Blora Selatan harus dilindungi. Temuan-temuan fosil yang terjadi belakangan ini menunjukkan kawasan itu sebagai tempat hidup binatang-binatang purba.

“Teori tentang Blora sebagai kawasan endapan fosil yang terbawa dari hulu terpatahkan. Kini teori yang beredar, kawasan itu mempunyai sejarah kehidupan binatang purba di sekitar Bengawan Solo purba,” katanya.


Responses

  1. pak harus dijaga dong, karena itu sangat penting. siapa tahu di sekitar tempat tersebut masih ada fosil-fosil lan yang belum di temukan. jangan biarkan masyarakat mencari fosil tersbut hanya untuk diri sendri.

  2. tolong fosilx di jaga biar ga jatuh ke tangan orang-orang yang gak bertanggung jawab………..

  3. wahh..ternyata blora menyimpan banyak fosil yaw

  4. ini merupakan salah satu kekayaan bumi indonesia terutama dibidang ilmu pengetahuan,jadi sepatutnya kita bersama2 menjaga dan melestarikannya….

  5. drpd banyak jaga didaerah fosil, mending gali lbh giat lbh sering lagi.

  6. sipppssss?????
    jjangan lupa kunjungi punya ku juga ya>?

  7. wah…… di blora ada surganya tah ?

  8. aku ari anak kelas x5 kwakwakwakwa

  9. jangan sam pai ketangan yang salah loh pak

    cepat ditangani loh,ntar bisa jadi masalah!!!!!!!

  10. ya tu penting lho, klu ga di jaga kasihan lo para ilmuwan. itu bisa jadi aset negara yang tak ternilai lho. god bless you wae

  11. d blora ada fosil!!!masak sih…..brarti dket rumah gw donk!!!secara gitu lho rumah gw d rembang!

  12. perlindungan tidak sebatas melarang secara refresif pada warga desa yang menggali fosil untuk bertahan hidup, akan tetapi pemda juga harus mengupayakan sebuah agenda untuk meningkatkan keseejahteraan warga sekitar situs, sehingga warga dgn sukarela akan ikut menjaganya.

  13. sepertinya biasa aja
    cuma fosil aja kok di permasahkan….

  14. kayaknya penggalian fosil, lebih di giatkan lagi, agar menambahwawasan kami. kaum pelajar untuk siswa smp terbuka n -1 lab-deli salam kompak aja……….

  15. SELAMA MASYARAKAT INDONESIA JAUH DARI KATA MAKMUR JANGAN HARAP SITUS PURBAKALA TERBEBAS DARI PENJUALAN ILEGAL SEBAB KEBUTUHAN HIDUP LEBIH UTAMA MENURUT SEBAGIAN ORANG KETIMBANG BUKTI SEJARAH OLEH SEBAB ITU MAKMURKAN DULU MASYARAKAT KECIL MAKA PENJUALAN OLEGAL SITUS PURBAKALA PASTI CEPAT ATU LAMBAT BERKURANG SENDIRI.

  16. blora luar biasa

  17. slain terkenal dengan minyaknya…di Blora juga ditmukan Fosil… seneng juga aku jadi anak Blora.

  18. tp kenapa kita orang blora kok g bisa liat fosilnya y? trus np fosil itu tidak di museumkan di blora ja?

  19. gue mau iklan ma temen2 bolehkan? ni da herbal buat kesuburan laki2 dan perempuan, ambien, darahtinggi dll. hub kami 081335530282

  20. untuk menjaga kebudayaan, tepat apa yang sudah dilakukan pemerintah

  21. “Camat Kradenan Iwan Setiyarso mengaku kesulitan mengawasi perdagangan fosil dan benda-benda bersejarah berbasis masyarakat. Pasalnya, masyarakat lebih mementingkan nilai ekonomis dibandingkan dengan nilai historis benda-benda tersebut “….Aduh pak camat,klw ga mau masyarakat ngejual tu fosil..mangkanya perhatikan nasib nya masyarakat,atau jgn-jgn pak camat nya takut ga kebagian..wkwkwkwkwk

  22. ITU REZEEKI bagi manusia pak,,,,
    ITU BUKTI bagi manusia pak,,,,

  23. Bagai mana gak diincar orang pak. kalau masayarakat yang menemukan pemerintah tidak memberikan imbalan yang setimpal. jadi kalau ada yang menemukannya lebih bagus di jual sama orang lain. karena tidak sesuai dengan imbalan yang diberikan oleh pemerintah. jd mohon agar dipertimbangkan lagi apabila ada hal seperti ini.

  24. hahahaahaa 😛 😀 >3 ❤

  25. Kec. Kradenan memang gudangnya situs purbakala. Tidak hanya di Desa Medalem saja, di Dusun Ngandong Desa Nglebak juga ditemukan fosil manusia purba. Pun demikian di Desa Getas ada tugu peringatan yang berlukis matahari. Namun demikian masyakat Blora justru kesulitan untuk bisa melihat atau belajar tentang situs-situs tersebut. Contoh nyata fosil gading gajah yang digali baru-baru ini masuk ke Museum Geologi Bandung. Ke depan perlu dipikirkan untuk berdirinya Museum khusus peninggalan purba di Blora. Setuju?

  26. MASA BLOM KIAMAT JGA UDAH ADA SURGA HELO…..

  27. TaK DisangkA PosiL2 itU BiSa di temukAN ..
    MugkiN MasiH Ada BnyaK lg PosiL2 Yg Tersmbunyi..

  28. Salam kenal, numpang tanya kalau mau mengunjungi tempat penemuan fosil di Ngandong – Nglebak kec. Kradenan jalurnya lewat mana bila sudah nyampai pasar Menden arahnay kemana? saya asli Cepu tapi belum pernah berkunjung ke situs penemuan fosil ini.

  29. itu kuasa tuhan bro.. tdk ada yg tau gimana bentuk surga atau kiamat..yg pastinya kita sebagai manusia bakalan Mati. klw menurut qu super hero itu ya.. seorg IBU…. uda itu cukup sekian dan……… tks…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: