Oleh: rioardi | April 8, 2009

Minyak Ikan Juga Dapat Sehatkan Gusi

WASHINGTON – Banyak cara untuk merawat kesehatan rongga mulut. Sebelumnya mungkin Anda pernah mendengar bahwa teh hijau dapat menyehatkan gusi. Kali ini, hadir satu lagi cara alternatif merawat gusi.

Dilansir melalui Times of India, Rabu (8/4/2009), ilmuwan dari Boston University telah menemukan sejenis asam lemak omega-3 yang dapat menjadi solusi dalam mengatasi peradangan gigi dan mengembalikan kesehatan gusi. Zat berguna tersebut ternyata ada dalam minyak ikan.

Peneliti mengatakan, minyak yang berasal dari ikan mengandung eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Keduanya merupakan jenis asam lemak omega-3 dan dalam dunia kesehatan sering digunakan untuk menangani pasien yang mengalami berbagai kondisi peradangan luka serius.

Dalam studi ini peneliti mengujinya pada seekor kelinci yang sengaja diberi bakteri penyebab sakit gusi dan tulang keropos.

Sebelumnya telah diketahui bahwa EPA terbukti dapat melindungi jaringan tubuh serta mencegah terjadinya tulang keropos. Kedua hal ini ternyata berhubungan dengan penyakit gusi.

Selain itu, para peneliti dari Boston pun mempelajari senyawa biosintesis dari DHA dan melihat peranannya dalam perbaikan jaringan dan mengobati peradangan gusi.

Nyatanya, kedua senyawa tersebut terbukti memberikan hasil yang sama yaitu mengobati peradangan penyakit pada rongga mulut serta dapat memperbarui jaringan yang rusak


Responses

  1. mohon info lebih lanjut, apakah ada artikel/journal nya? terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: