Oleh: rioardi | April 8, 2009

Ilmuwan Pecahkan Misteri Rasa Gatal

Jakarta – Menggaruk adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh manusia. Ilmuwan kini berhasil memecahkan misteri, cara menghilangkan rasa gatal itu.

Ilmuwan mendapati, aktifitas menggaruk bisa membantu mengurangi rasa gatal. Tapi tidak bisa menghilangkannya. Menggaruk hanya sebatas bisa mengurangi sensasi rasa gatal yang dikirim ke otak.

Banyak rasa gatal yang tidak diketahui penyebabnya. Gatal juga tidak memiliki fungsi bagi tubuh manusia.

Tapi efek menggaruk ternyata bisa mengurangi rasa gatal jika tepat pada sumber gatal. Ahli syaraf yakin penemuan ini bisa menghasilkan pengobatan potensial, termasuk membuat obat bagi pasien yang menderita sakit gatal kronis.

Peneliti mendapati bagian khusus yang disebut spinothalamic tract memainkan peran penting pada munculnya rasa gatal. Ilmuwan menemukan sel kulit di wilayah itu bereaksi terhadap gatal lebih besar dibandingkan tempat lain.

Ilmuwan dari University of Minnesota mendapati proses menggaruk di spinothalamic tract mencegah spinal cord mentransmisikan sinyal gatal ke otak. Penemuan itu dilaporkan di journal Nature Neuroscience.

Dr Glenn Giesler yang memimpin penelitian itu mengatakan temuan itu bisa mengarah pada alasan komplek dibalik penyebab gatal. Termasuk mengembangkan perawatan yang efektif untuk melawan sensasi itu.

Gatal bisa disebabkan berbagai macam termasuk kondisi kulit, akibat eksim, psoriasis juga penyakit lain. Namun banyak gatal yang tidak diketahui penyebabnya.


Responses

  1. Kalo mengatasi cewek2 yang gatal gimana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: