Oleh: rioardi | April 7, 2009

Pohon Tumbuh Lebih Cepat Kurangi Efek Pemanasan Global

pohonLONDON – Pertumbuhan pohon yang sangat cepat akan berpengaruh pada pengurangan efek pemanasan global sehingga memperpanjang umur bumi. Pasalnya, tanaman yang tumbuh lebih cepat mampu menyerap kadar gas karbondioksida di bumi.

Fenomena pertumbuhan pepohonan yang sangat cepat ditemukan pada varietas flora mulai dari hutan hujan tropis hingga tanaman tebu Inggris. Tanaman tersebut menghirup setidaknya milyaran ton CO2 yang dihasilkan oleh manusia.

Gas ini seyogyanya mempercepat tingkat perubahan cuaca. Tak hanya itu, gas CO2 juga membuat tumbuhan bertahan hidup dengan� proses ekstraksi memanfaatkan sinar matahari untuk mengubahnya menjadi protein dan gula.

Sejak 1750 konsentrasi CO2 di udara meningkat dari 278 ppm hingga lebih dari 380 ppm, hal ini menguntungkan bagi tumbuhan karena CO2 mempercepat pertumbuhan mereka. Demikian dilansir Telegraph, Selasa (7/4/2009).

Studi dari University of Leeds, yang dipublikasikan jurnal sains itu mengukur sebanyak 70 ribu pohon di sepuluh negara Afrika dan membandingkan mereka dengan catatan mengenai pohon sejenis yang tumbuh empat dekade lalu.

Rata-rata, tanaman yang diteliti tumbuh lebih besar dan cepat. Selain itu, peneliti menemukan bahwa setiap hektar hutan Afrika menjaring 0,6 ton CO2 setiap tahunnya.

Professor Martin Parry, dari Rothamsted Research mengatakan penelitian ini membuktikan bahwa jumlah besar CO2 di udara dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman di berbagai daerah


Responses

  1. Bisa disebutkan contoh jenis-jenis pohon yang tumbuhnya cepat dan efektif untuk mengurangi pemanasan global ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: