Oleh: rioardi | April 7, 2009

Ditemukan, Fosil Daun Purba di Blora Selatan

daun-purbaMenyusul penemuan fosil gajah purba, Tim Vertebrata Museum Geologi Bandung, Pusat Survei Geologi, Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral kembali menemukan fosil daun purba.

Daun itu ditemukan di Dusun Sunggun, Desa Medalem, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. ”Berdasarkan temuan-temuan itu, tampaknya kawasan Blora Selatan merupakan savana di zaman Pleistosen yang dilewati Bengawan Solo purba,” kata Ketua Tim Vertebrata Museum Geologi Bandung Iwan Kurniawan, Sabtu (4/4) di Blora.

Fosil daun ditemukan di sekitar fosil gajah purba dan tercetak di batu lanau—terbentuk dari proses sedimentasi butiran lempung dan pasir. Dari ukuran daun yang relatif kecil, temuan gajah dan kerbau purba serta kontur sedimentasi di lokasi itu, tim memperkirakan, fosil itu dari zaman Pleistosen, 1.808.000- 11.500 tahun lalu.

Kepala Seksi Dokumentasi Museum Geologi Bandung SR Sinung Baskoro mengatakan, kawasan Blora Selatan banyak mengandung endapan teras Bengawan Solo purba yang menyimpan aneka fosil.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blora Suntoyo mengatakan, Pemkab Blora menitipkan fosil itu di Museum Geologi Bandung.

Serahkan temuan

Seorang warga Kudus, Jawa Tengah, Sutodirono alias Rasimin (60), Minggu (5/4), menyerahkan temuan berupa 6 benda arkeologi, diduga dari abad ke-15, kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus.

Temuan itu berupa 3 buah mangkok berdiameter 13, 14, dan 15 sentimeter, ketinggian masing-masing 5 sentimeter. Dua benda lain menyerupai lepek dan sebuah miniatur rumah adat Minangkau.

Kepala seksi Sejarah Museum Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Sancaka Dwi Supani mengatakan, ”Untuk menentukan umur, jenis benda, bahan baku pembuatan benda, dan sebagainya, kami akan mengundang tenaga ahli dari Museum Ronggowarsito Jawa Tengah di Semarang,” katanya. Rasimin mengaku benda-benda itu ditemukannya di bekas pertapaan Sunan Kalijogo beberapa tahun lalu.


Responses

  1. gede banget tuh!!

  2. indonesia ternyata memendam banyak barang2 berharga yak….kayanya bumi kita ini

  3. Tapi jangan banyak yang ketahuan dulu lah, ntar aja kalau Indonesia pemimpinnya udah pada jujur. Kalau ketahuannya sekarang bisa habis buat ngisi perut mereka ntar.😀.

    website: http://www.gangsir.com

  4. Kayak apa sih bentuknya, pengin lihat. Kira2 sama nggak ya sama daun zaman sekarang ini

  5. Kok gak keliatan daunnya bos??? Paku2an yak…..
    http://engeldvh.wordpress.com

  6. WuuuuIIIH kEren yawh!!!!

  7. berapa sih umurnya?
    http:/nuncaku.blogspot.com

  8. berapa sih umurnya?
    http://nuncaku.blogspot.com

  9. share

  10. hello, salam knal mas…
    wah info nya bgus, hebt ya menambah koleksi sejarah…
    oh ya, tuker link ya, siapa tw bisa saling sharing pendapat, silakan berkunjung ke blog saya yg apa adanya💡

  11. Aneh, ajaib, adalah bagian dari kekuasaan Tuhan yang ditunjukkan kepada kita supaya kita sebagai umatNYA, tetap sadar bahwa kebisaan,kepandaian yang diberikanTUHAN kepada manusia cuma sebagian kecil amat sangat kecil dan tidak ada apa2nya. Maka dari itu, sadarlah manusia jika kamu pernah melakukan kesombongan atas apa yang kamu bisa ataupun kamu miliki.

  12. bisa di share photo temuan2 itu? pengen liat jg tuh…. mangkok, lepek dan miniatur rumah adat itu tuh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: