Oleh: rioardi | April 6, 2009

Kata ‘Contreng” dari Planet Mana?

Seorang dosen senior Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Rustam Effendi, heran dengan begitu populernya pemakaian kata ‘contreng’ dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.

“Saya belum pernah lihat kosa kata ‘contreng’ dalam kamus bahasa Indonesia, entah kalau diteliti lagi ada atau tidak kata ‘contreng’ itu, kalau tidak ada berarti kata itu seakan dipaksakan untuk lebih dipopulerkan,” katanya di Banjarmasin, Senin.

Mantan Dekan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unlam tersebut mengaku tidak tahu persis asal bahasa daerah mana kata contreng tersebut. Diperkirakan, kata contreng berasal dari bahasa Jawa yang dipaksakan untuk dipopulerkan, mungkin dimaksudkan untuk menjadi bahasa Indonesia.

Menurut dia, boleh-boleh saja bahasa daerah dipopulerkan menjadi bahasa Indonesia tetapi sebaiknya hal itu jangan dipaksakan karena kalau semua daerah memaksakan bahasa daerahnya menjadi bahasa Indonesia, maka masyarakat Indonesia sendiri telah menggunakan bahasa Indonesia.

“Seperti bahasa Banjar, ada kosa kata ‘bukah’ yang berarti lari, janganlah kata ‘lari’ diganti-ganti dengan kata ‘bukah’, cukup dengan kata lari saja semua sudah mengerti,” tambahnya.

Kata ‘contreng’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memang tidak ada, yang ada hanya kata ‘conteng’. Berdasarkan KBBI, ‘conteng’, ‘coret’ (palit) dengan jelaga, arang, dan sebagainya, ‘berconteng-conteng bercoreng-coreng’ (dengan arang, jelaga dan sebagainya). ‘Menconteng-conteng’, ‘mencoreng-coreng’ (memalit-malit), mencoret-coret dengan arang (tinta, kapur dan sebagainya).

Mungkin maksud dari kata ‘contreng’ jika disamakan dengan KBBI adalah kata centang, yaitu tanda koreksi yang bentuknya seperti huru “V” atau tanda cawang.

Orang pun kemudian bertanya-tanya, kata ‘contreng’ berasal dari planet mana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: