Oleh: rioardi | April 5, 2009

Ganti Bensin dengan Air Laut

Ilmuwan membuat laser terbesar yang didesain untuk menghasilkan reaksi nuklir seperti yang terjadi di matahari. Jika percobaan fusi nuklir itu berhasil maka bisa menghasilkan energi dari satu galon air laut setara dengan 300 galon BBM.

Laser yang terdiri dari 192 unit dibuat untuk menghasilkan suhu hingga 100 juta derajat celsius. Ilmuwan membangun fasiliats laser itu di komplex yang disebut National Ignition Facility di California. Fasilitas itu sudah siap pekan ini setelah dibangun selama 12 tahun.

Fasilitas sebesar 3 kali lapangan bola itu ditujukan untuk memecahkan misteri fusi nuklir.

Fusi nuklir merupakan tipe reaksi yang juga menghasilkan bom hidrogen. Ilmuwan belum bisa mengontrol energi, yang dihasilkan reaksi itu untuk tujuan menyediakan energi yang murah.

Jika fusi nuklir dapat dikontrol maka akan menyediakan solusi energi yang aman bagi dunia.

“Pembangkit listrik dengan fusi nuklir tidak menghasilkan gas buang yang menyebabkan pemanasan global dan bisa digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan. Pembngkit ini tidak menghasilkan radio aktif yang berbahaya, seperti pembangkit listrik nuklir yang ada sekarang,” kata direktur NIF Edward Moses.

“Teknologi itu satu galon air laut bisa menghasilkan energi setara dengan 300 galon BBM. Bahan bakar dari 50 gelas air, setara dengan 2 ton batubara, “ tambahnya.

Untuk membuktikan sumber energi itu bisa diwujudkan, ilmuwan akan memulai reaksi itu menggunakan laser. Ruangan tempat reaksi itu memiliki berat lebih dari 450 ribu kilogram dan diperkuat dengan beton.

Fasilitas penelitian NIF belum bisa menghasilkan listrik untuk masyarakat. Namun untuk membuktikan konsep itu bisa dijalankan. Jika reaktor fusi sukses, maka panas yang dihasilkan akan digunakan untuk menjalankan mesin tradisional misalnya saja turbin uap untuk menghasilkan listrik.


Responses

  1. pertamax….
    kapan di uji mas…?
    salam kenyal …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: