Oleh: rioardi | April 4, 2009

Inilah Program TV Terbaik dan Terburuk

63277_ilustrasi_televisi_thumb_300_225Ratusan judul tayangan berseliweran di televisi tiap harinya. Untuk mengetahui kualitas tayangan di layar kaca, Yayasan Sains dan Estetika (SET), Yayasan Tifa, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) mengadakan penelitian bertema “Menuju Televisi Ramah Lingkungan”.

Menurut Koordinator Riset Yayasan SET, Agus Sudibyo, penelitian dilakukan untuk menjaring penilaian kelas berpendidikan tentang kualitas program televisi.

“Penelitian ini tidak berpretensi mengukur jumlah pemirsa suatu program televisi atau karakter pemirsa,” kata Agus Sudibyo dalam paparan penelitian di FX Plaza, Kamis 2 April 2009.

Dari 220 responden yang diteliti, sebagian besar adalah sarjana berjumlah 111 orang, lulusan S2 atau lebih tinggi berjumlah 47 orang, lulusan diploma 16 orang, mahasiswa 24 orang, dan tamatan SLTA sebanyak 22 orang. “Kalangan terdidik diasumsikan bisa menilai lebih baik dibanding khalayak secara umum,” kata Agus.

Dua stasiun televisi swasta, RCTI dan SCTV juga meraih penghargaan sebagai stasiun yang konsisten terhadap program berita.

Berikut program televisi terbaik dan terburuk berdasarkan hasil penelitian:

Program terbaik:

1. Kick Andy (22,3 persen)
2. Seputar Indonesia (3,6 persen)
3. Liputan 6 Petang (3,2 persen)
4. Jejak Petualang (3,2 persen)
5. Jalan Sesama (2,7 persen)

Program Terburuk:

1. Sinetron Muslimah
2. Sitkom Suami-suami Takut Istri
3. FTV Drama Indosiar
4. Bukan Empat Mata
5. Dangdut Mania Dadakan IV
6. Sinetron Cinta Fitri 3

Program terbaik di tiap stasiun televisi juga dipaparkan yakni untuk Trans 7 dengan Bocah Petualang (20%), TransTV dengan Bioskop TransTV (17%), MetroTV dengan program Kick Andy (36%), ANTV dengan Tawa Sutra (19%), TVOne dengan program Apa Kabar Indonesia Malam (21%), TPI dengan program Lintas 5 (11%), Global TV dengan program MTV Ampuh (19%), SCTV dengan program Liputan 6 Petang (45%), RCTI dengan Seputar Indonesia (49%), Indosiar dengan program Mamah dan Aa (15%) dan TVRI dengan program Dunia Dalam Berita (26%).


Responses

  1. gitu dong..muslimah gak mutu blas..

  2. bermtu tapi sering di pletisir……banyak nangis nya…..!!1

  3. biarpun banyak sinetron masuk rating terburuk, tetep aja diproduksi terus.

  4. Pret selera org brbda2 kaley mba mas.. Tp l0w mnurt aye TPI yg plg jelek. C0z knape. TELEVISI PNDI2KAN IND. K0q isinya DANGDUT TER0S. pa g bza mgimbngi dgn tyangan laen yg lbih brmutu..tuh l0h acara si ELA CRI ANU tuh tayangan paling GENDENG N STRES.h00ek

  5. wah seru kayakx klo liat batik madrim naik harly davidsos trus angkling darma naik mencedez ntu bberapa adegan di salah satu sinetron stasiun tv INDASIGAR……….. KOK GOBLOK N MURAHAN


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: