Oleh: rioardi | April 2, 2009

Bakteri Dapat Menyuburkan Tanah

Para ilmuwan telah menemukan cara menumbuhkan tanaman pada lahan tandus dan kurang subur tanpa menggunakan pupuk, yaitu dengan menambahkan bakteri pada tanah tersebut.

“Dengan menambahkan bakteri yang tepat, tanaman akan tumbuh lebih baik dan kita juga dapat menggunakan tanahnya untuk memproduksi biofuel secara ekonomis,” ujar Daniel van der Lelie, dari Brookhaven National Lab di Long Island, New York, seperti dikutip melalui Times of India

Penelitian ini terfokus pada jenis tumbuhan Poplar, yang dikenal cepat tumbuh dan dapat bertahan hidup dalam kondisi apapun, baik sebagai contoh tanaman ideal ataupun untuk penghasil biofuel.

Tim peneliti menyimpulkan, dengan menambahkan jenis bakteri alami yang tepat pada akar tanaman akan meningkatkan produksi kadar biomass hingga 80 persen selama lebih dari 10 minggu. Sebagaimana mikroba menguntungkan dalam tubuh manusia, tanaman yang mengandung bakteri juga menguntungkan untuk dapat tumbuh lebih baik dan terhindar dari penyakit.

Ilmuwan mengidentifikasi sejumlah 78 jenis bakteri pada akar dan batang tumbuhan, kemudian mereka menguji kemampuan strain tertentu untuk membantu tanaman tumbuh dalam rumah kaca.

Peneliti menumbuhkan tanaman poplar tersebut dalam gelas kimia berisi larutan nutrisi, yang kemudian ditambahkan bakteri endophytic. Setelah beberapa hari, tanaman tersebut dipindahkan ke tanah berpasir dalam rumah kaca. Sepuluh minggu kemudian, poplar pun dipanen dan ditentukan kadar biomasnya. Ternyata, mereka menemukan dua jenis spesies bakteri, Burkholderia dan Enterobacter yang membantu efek pertumbuhan sangat cepat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: